#22-B-D3- MAHASISWA UNDIP PULANG KAMPUNG UNTUK MEMBAWA PERUBAHAN!! #

Berbagai Ilmu dengan Masyarakat RT 1 RW 3 Desa Katonsari Dalam Perihal Penyimpanan Bahan Pangan.

Oleh :  Sasqya Alda Salsabella, KKN TIM II UNDIP 2020 Kabupaten Demak

DEMAK, Desa Katonsari (14/07/2020). KKN TIM II UNDIP 2020 Kabupaten Demak dengan Dosen Pembimbing KKN Bapak Besar Tirto Husodo, S.Sos, M.Kes memeberikan edukasi kepada warga RT 1 RW 3 Desa Katonsari dengan sasaran ibu-ibu yang dilaksanakan secara mandiri pada periode waktu 5 Juli sampai 15 Austus 2020 dengan menyongsong tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasisi Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Terkait dengan virus corona ini Kabupaten Demak terlihat pada website corona.demakkab.go.id masih termasuk ke dalam daerah yang belum aman dengan virus ini, karena kurang adanya kesadaran dalam diri masyarakat Kabupaten Demak untuk selalu memakai masker, mengurangi perkumpulan, dan sudah sangat memperhatikan virus ini.

Berkaitan dengan adanya dampak dari Covid 19 ini yang menyebabkan ibu-ibu berbelanja bahan pangan yang biasa di lakukan setiap hari hanya pada saat ingin menyajikan masakan akan berubah dengan model stok bahan pangan pada lemari pendingin rumah untuk jangka waktu yang lebih lama. Pernah seskali bertanya kepada masyarakat desa katonsari dengan kondisi hidup menenggah ke bawah dengan penghasilan “pas pas an” dengan hasil dari pekerjaan yang tidak menentu sesaat mencurahkan keadaannya kepada saya, “gaji saya selama pandemi sudah berkurang hampir 20% mbak, jika saya mendapat rezeki lebih dari biasanya saya belikan sayur-sayuran mba, tapi ya bagaimana jika saya menyimpan bahan pangan di kulkas selama 2-3 hari sudah layu bahkan ada yang membusuk” seketika saya seperti tertampar Saya mahasiswi pertanian seharusnya bisa mengatasi masalah kecil seperti ini, yang setidaknya sedikit membantu dan berguna bagi masyarkat. Sudah waktunya memecahkan masalah di masyarakat, sudah saatnya mengunggulkan kualitas bahan pangan di desa sendiri, didukung dengan adanya pendemi yang mengharuskan kita agar tetap sehat dengan tetap terjaganya nutrisi dalam bahan pangan yang kita konsumsi.


Program pertama KKN “Sosialisasi Metode Penyimpanan Bahan Pangan dari Rumah ke Rumah kepada warga RT 1 RW 3 Desa Katonsari”

Peran mahasiswa yaitu setidaknya mampu untuk memberikan solusi terbaik pada masyarakat jika terdapat masalah-masalah yang munjul dalam lingkungan masyarakat maka mahasiswi Sasqya Alda Salsabella dari KKN TIM II UNDIP 2020 Desa Katonsari berperan dalam mensosialisasikan metode penyimpanan bahan pangan sehingga nutrisi dalam bahan pangan tetap terjaga dan tidak mudah rusak atau layu. Manfaat yang dapat diberikan kepada masyarakat yaitu masyarkat dapat mengikuti metode yang tertera dalam poster sehinga kualitas dan kuantitas bahan pagan dapat teteap terjaga selama berhari-hari. Metode sosialisasi secara rumah ke rumah karena di sekitar tempat tinggal perkumpulan sudah dilarang, media sosialisasi yang digunakan menggunakan poster yang dibuat semenarik mungkin dengan berisikan gambar langkah kerja sehingga dapat menambah minat baca dan pemahaman yang mudah.