ALON-ALON ASAL KELAKON: SOSIALIASI PENTINGNYA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI BENGKEL LAS JAYA TEKNIK JIMBARAN, BALI
Jimbaran, Bali – Kegiatan TIM II KKN UNDIP 2020 yang dilaksanakan dengan nama KKN PULANG KAMPUNG tidak menghalangi mahasiswa UNDIP untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat sekitar. Kali ini, program monodisiplin yang dilaksanakan oleh Amanda Margareth (21) seorang mahasiswi jurusan S1 Teknik Perkapalan bertujuan untuk mensosialisikan pentingnya pelaksanaan protokol K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terutama untuk pekerjaan yang melibatkan banyak peralatan berpotensi menghasilkan bahaya. Tidak dipungkiri bahwa segala macam bentuk pekerjaan lapangan perlu mendapatkan penyuluhan yang cukup untuk para pekerjanya agar mencapai tujuan utama dari HSEq (Human, Safety, Environment, and Quality) dari sebuah instansi, yaitu zero accident (keadaan dimana tidak ada berbagai bentuk kecelakaan atau musibah yang terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja). Kegiatan yang diperlukan juga harus bisa memenuhi standar-standar sebelum, saat, dan setelah melakukan pekerjaan yang melibatkan potensi menimbulkan bahaya.
Sosialiasi kali ini dilakukan di Bengkel Las Jaya Teknik di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Bengkel Las ini sudah berdiri selama beberapa tahun dan merupakan salah satu bengkel las yang paling dikenal di daerah Jimbaran sendiri. Sosialisasi yang dilakukan disambut hangat oleh pemilik dari bengkel las tersebut. Bentuk sosialiasi dimulai dari survey lapangan untuk melihat keadaan bengkel las dan mengobservasi kebutuhan apa yang harus dilengkapi. Hasil dari survey lapangan membuktikan bahwa bengkel las tersebut memang sudah memiliki yang dibutuhkan dari segi perlengkapan keselamatan, namun belum memenuhi beberapa standar prosedur yang dibutuhkan setelah melaksanakan pengelasan.
Akhirnya setelah melakukan survey lapangan dan menyesuaikan kebutuhan dengan apa yang bisa disediakan, Amanda membuat beberapa poster sosialiasi yang menjelaskan mengenai protokol yang harus dilaksanakan sebelum, saat, dan setelah melakukan pengelasan. Begitu pula poster APD lengkap yang harus digunakan sebelum dan saat melakukan pengelasan. Pemilik mengucapkan banyak terima kasih atas sosialisasi yang dilakukan dan berharap agar selanjutnya pelaksanaan dan perhatian terhadap K3 di bengkel las tersebut bisa terpenuhi secara baik dan benar.
Editor : Diar