*COVID-19 MENINGKAT, MAHASISWA UNDIP PEDULI MASYARAKAT

Jepara (18/7/2020), Pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) menjadi permasalahan serius di negara Indonesia. Banyak sektor yang terkena dampak akibat masalah Kesehatan ini diantaranya sektor ekonomi dan pendidikan. Penerapan Physical Distancing mengakibatkan pada perubahan kebijakan tatanan di masyarakat Indonesia. Kota Jepara menduduki peringkat kedua yang terkena kasus COVID-19 di Jawa Tengah dengan jumlah kasus per tanggal 18 Juli 2020 sudah mencapai angka 549 dilansir dalam https://corona.jatengprov.go.id/data. Kebijakan pemerintah muncul untuk meminimalisir penyebaran virus ini melalui peraturan Bupati Jepara Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dimana kebijakan ini mengharuskan masyarakat untuk membatasi kegiatan sosialnya. Peningkatan grafik penularan COVID-19 mengindikasikan masih perlunya penyuluhan dan sosialisasi terhadap masyarakat di area Jepara, yang salah satu area nya adalah Kecamatan Kalinyamatan dimana saat ini di Kalinyamatan per tanggal 18 Juli 2020 terdapat 26 kasus yang positif COVID-19 dilansir dalam https://corona.jepara.go.id/.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Tahun 2020, Michael Yulian Feno, mengambil peran peduli kepada masyarakat. Tepatnya di Desa Sendang Kecamatan kalinyamatan Kabupaten Jepara, Mahasiswa KKN mengajak masyarakat Desa Sendang untuk tetap di rumah dan mensosialisasikan secara perorangan tentang “atasi kecemasaan saat di rumah aja”, sosialisasi tersebut berisikan cara agar tidak cemas saat dirumah diantaranya :

  1. Dengarkan lagu-lagu favorit.
  2. Lakukan hobi yang bisa dilakukan di rumah.
  3. Membuat diary (buku harian).
  4. Hubungi teman.
  5. Segera hubungi keluarga atau tetangga terdekat.
  6. Simpan nomor Lembaga Perlindungan Anak.

Selain itu, kegiatan sosialisasi yang dilakukan pada hari Sabtu (18/7) mahasiswa KKN UNDIP juga membagikan masker kepada masyarakat guna untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan ketika saat berpergian atau keluar rumah. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengurangi angka bertumbuhnya kasus COVID-19, khususnya di Kabupaten Jepara.

Sumber :

Dewi, K.S. (2012). Kesehatan mental. Semarang: Lestari Mediakreatif

Tanggap COVID-19 Provinsi Jawa Tengah. (2020). Sebaran kasus COVID-19 di Jawa Tengah. Semarang : Pemerintah Jawa Tengah

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jepara. (2020). Monitoring data COVID-19. Jepara: Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara

Mahasiswa : Michael Yulian Feno

DPL : Ir. Hermin Werdiningsih, MT

#kkntimiiperiode2020 #p2kkn #lppmundip #undip