Kebebasan Semu: New Normal dan Covid-19 yang Masih Mengintai Masyarakat

Tangerang Selatan (19/07) WHO menganjurkan masyarakat untuk melakukan New Normal atau beradaptasi dan hidup berdampingan dengan virus COVID-19 yang merupakan skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 terutama dalam aspek sosial-ekonomi. Mengingat pandemi ini masih belum berakhir, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dan menerapkan langkah pencegahan kapan pun dan di mana pun. New normal berarti ada penyesuaian terhadap rutinitas yang biasa masyarakat lakukan, bukan kembali ke rutinitas normal seperti sebelum pandemi. Contoh penyesuaian rutinitas yang masyarakat hadapi adalah saat menggunakan transportasi umum, beribadah di tempat ibadah, transaksi jual-beli, dsb.


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selama pandemi COVID-19 berlangsung, KKN yang tadinya berbentuk kelompok berubah menjadi individu dan dilaksanakan di kampung halaman masing-masing mahasiswa dan dipantau secara daring dengan memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan. Target masyarakat yang dipilih oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN online merupakan masyarakat RT 001/RW 009 perumahan Regency Melati Mas, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.


Minggu pertama KKN (11/07), mahasiswa mengunjungi rumah Ketua Rt 001 dan Ketua RW 009 untuk melakukan perijinan serta meminta dukungan melaksanakan KKN selama 45 hari (5 Juli – 15 Agustus 2020) di RT 001/009. Selain melakukan perijinan, mahasiswa juga mengunjungi UMKM yang berada di sekitar rumah untuk melakukan survei serta berdiskusi dengan pemiliknya mengenai kondisi usaha mereka selama pandemi COVID-19. Serta melakukan survei dan observasi lokasi KKN untuk pemasangan spanduk infografis mengenai protokol kesehatan selama new normal sebagai bentuk pencegahan COVID-19 di wilayah RT 001/RW 009 perumahan Regency Melati Mas, Kelurahan Pondok Jagung.


Minggu kedua (17/07), Mahasiswa melakukan edukasi dan diskusi mengenai COVID-19 dan protokol kesehatan dasar yang perlu dilakukan saat new normal serta memberikan panduan bekerja di kantor saat new normal melalui grup chat WhatsApp RT 001 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan program pertama mahasiswa KKN Tim II Undip disambut baik oleh ketua RT dan RW maupun masyarakat sekitar, “Good banget. Tante yakin proyeknya akan membawa manfaat besar bagi kompleks ini.” ujar Bu Dokter Hanna, salah satu warga RT 001 setelah selesai penyuluhan new normal yang diberikan oleh mahasiswa melalui grup chat WhatsApp RT 001.


Setelah dilakukan edukasi mengenai pentingnya mengikuti protokol kesehatan dasar selama new normal melalui grup chat WhatsApp RT 001 pada hari Jumat, 17 Juli 2020, terpantau pihak RT 001 memberikan himbauan kepada petugas keamanan untuk menggunakan masker yang dilengkapi face shield untuk menambah perlindungan diri mereka ketika menerima tamu yang keluar dan masuk ke dalam perumahan Blok A RT 001 dan melakukan penyemprotan disinfektan di pintu masuk serta pos satpam Blok A RT 001 pada hari Minggu, 19 Juli 2020. Semoga dengan adanya edukasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat new normal membuat warga RT 001 menjadi lebih waspada dan menerapkan protokol kesehatan dasar.


Penulis: Salsabila Melati Astri, KKN Tim II UNDIP 2020, Kota Tangerang Selatan
Editor: Jazimatul Husna,SIP.,M.IP (Dosen pendamping lapangan KKN Tim II Tangerang Selatan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *