Kuda Lumping, Cara Desa Gedegan ‘Nguri-nguri’ Budaya Jawa

315443 315444 315445 315446

Temanggung – Kabupaten Temanggung terkenal akan seni pertunjukan kuda lumpingnya, hampir setiap desa memiliki kelompok seni pertunjukan ini tidak lain Desa Gedegan yang berada di Kecamatan Tlogomulyo. Meskipun pertunjukan yang dihadirkan belum selengkap desa lainnya yang juga menampilkan Tari Leak di dalamnya, namun kuda lumping Desa Gedegan sudah cukup sering diundang untuk mempertunjukkan kebolehannya.

Pada Sabtu (14/1) Desa Rejosari, Kecamatan Bansari mengadakan pesta pertunjukan kuda lumping yang menghadirkan beberapa desa yang ada di Temannggung salah satunya Desa Gedegan. Pertunjukan yang dimulai sejak pukul 9 malam hingga selesai ini banyak diminati warga sekitar terlihat dari riuh ramainya ketika pertunjukan dimulai.

Desa Gedegan yang mendapat nomor urut 3 menampilakan penampilan terbaiknya. Hampir seluruh anggota kelompok seni pertunjukan Desa Gedegan merupakan pemuda desa setempat. Hal ini termasuk cara pemuda desa dalam ‘nguri-nguri’ budaya Jawaa yang dewasa ini hamper dilupakan oleh para pemuda.