*KKN di Tengah Pandemi, Mahasiswa Undip Tingkatkan Pola Hidup Sehat Anak di Desa Troso

Jepara, 19 Juli 2020 – Pandemi Covid-19 telah menyasar seluruh dunia, tak terkecuali Negara Indonesia. Adanya pandemi ini mengakibatkan terganggunya kehidupan masyarakat. Namun, hal itu bukan menjadi halangan bagi Universitas Diponegoro untuk tetap menerjunkan mahasiswa KKN di berbagai daerah.

Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2019/2020 tetap dilaksanakan di tengah pandemi yang meradang. Pelaksanaan KKN tentunya disesuaikan sedemikian rupa sehingga bisa berjalan dengan lancar dan aman. Mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN di kampung halaman masing-masing, program kerja yang dilakukan merupakan program kerja mandiri yang disesuaikan dengan bidang studi masing-masing mahasiswa sekaligus sebagai upaya pencegahan Covid-19, selain itu program yang dijalankan juga harus mendukung perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Kabupaten Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi tempat pelaksanaan KKN Pulang Kampung ini. Sebanyak 84 mahasiswa Undip yang tersebar di 15 kecamatan di Jepara melaksanakan program KKN nya di desa masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diah Aliyatus Saidah (21), merupakan salah satu mahasiswa Undip dari Departemen Statistika yang melaksanakan program KKN nya di Kabupaten Jepara. Perempuan yang akrab disapa Aliya ini melaksanakan program KKN nya di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Menurutnya, KKN di desa sendiri tidak membuatnya patah semangat, justru momen ini dimanfaatkannya untuk mengeratkan hubungan dengan tetangga dan teman-teman masa kecilnya, serta sebagai salah satu cara mengenal lebih dalam desa kelahirannya itu.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan sebelumnya, Aliya melaksanakan program KKN yang telah direncankan yaitu peningkatan pola hidup sehat anak di masa new normal. Program ini dilakukan di Musholla Raudlatul Firdaus dengan target siswa-siswi RA Raudlatul Firdaus yang merupakan salah satu yayasan di Desa Troso. Menurutnya, program ini penting dilakukan karena di masa new normal ini banyak anak-anak yang bermain di luar rumah dan tidak menjaga kebersihan, sehingga bisa menyebabkan anak rentan terpapar virus dan bakteri.

Program ini dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu edukasi dan pembiasaan masker kepada anak-anak, edukasi dan praktik mencuci tangan bersama anak-anak, pengenalan macam-macam warna, serta pembiasaan jaga jarak kepada anak-anak. Pelaksanaan program ini sangat didukung oleh Kepala RA Raudlatul Firdaus. Ibu Siti Rohmah selaku Kepala RA Raudlatul Firdaus menyebutkan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat memberikan pemahaman pada anak didik RA Raudlatul Firdaus tentag pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Menurutnya, program yang dijalankan berjalan dengan lancar, meskipun terkadang ada beberapa anak didik yang tidak memperhatikan, tetapi menurutnya itu tidak menjadi masalah karena anak-anak memang masih suka bermain-main. Selain memberikan edukasi secara langsung, Aliya juga memberikan booklet sebagai luaran dari program yang dijalankannya, booklet ini akan ia serahkan pada Kepala RA Raudlatul Firdaus agar program bisa tetap dilanjutkan.

Pelaksanaan program “Peningkatan Pola Hidup Sehat Anak di Masa New Normal

Setelah dijalankannya program ini, Aliya menyebutkan bahwa ia akan melanjutkan kegiatan KKN nya dengan melaksanakan programnya yang lain, yaitu edukasi tangkal hoaks di masa pandemi. Menurutnya, program ini penting untuk dilakukan karena masyarakat di Desa Troso belum bisa menyaring berbagai informasi yang beredar baik di sosial media maupun dari mulut ke mulut. Rencananya ia akan menjalankan program tersebut di minggu keempat, karena di minggu ketiga ia baru akan membuat infografis sebagai bahan sosialisasi ke masyarakat.

Pada akhirnya, mahasiswi semester 6 ini hanya berharap bahwa program-program yang ia lakukan bisa berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Oleh : Diah Aliyatus Saidah (Statistika 2017)

Dosen Pembimbing : Ir. Hermin Werdiningsih, MT