Mahasiswa Undip Kenalkan Cara Membuat Lubang Ajaib Penuh Manfaat

Batang (18/7) Kegiatan KKN UNDIP TIM II Periode 2020 yang dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli 2020 dengan lokasi pada masing-masing domisili mahasiswa. Pelaksanaan KKN Pulang Kampung ini dilakukan pula oleh Athik Dina Nashihah yang saat ini sedang melaksanakan program kerja pertama yaitu Pelatihan Pembuatan Biopori untuk masyarakat.

Saat minggu pertama ketika observasi dan survey lokasi, terdapat beberapa data yang diperoleh mengenai kondisi desa. “Seperti yang diketahui bahwa Desa Gondang ini saat musim kemarau memiliki jumlah ketersediaan air untuk kebutuhan warga yang kurang mencukupi”, ujar Diyanto selaku Kepala Desa Gondang. Kondisi desa yang asri tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan jumlah air saat musim kemarau tiba

pemaparan-lrk
Pemaparan Program Kerja kepada Kepala Desa Gondang

Guna melakukan pengembangan program kerja, mahasiswa KKN melakukan pembuatan materi serta modul yang akan digunakan untuk penyuluhan untuk masyarakat dan dilanjutkan dengan pelatihan terkait pembuatan biopori. Kegiatan ini dilakukan kepada warga Rt 06 Rw 03 Dukuh Gunung Pring, Desa Gondang, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang dengan metode door to door dan melalui video yang disebarkan lewat grup facebook desa sebagai antisipasi dan pencegahan adanya perkumpulan massa ditengah masa pandemi Covid-19.

Biopori merupakan lubang resapan untuk menampung air hujan dan meresapkannya kembali ke tanah. Dengan manfaat dibuatnya biopori ini yakni mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, membantu mencegah terjadinya banjir dan mempengaruhi jumlah air tanah. Lokasi pembuatannya pada area terbuka disekitar tempat tinggal warga seperti di pekarangan, di bawah pohon dan pada alur air.

Adanya limbah botol plastik juga belum dimanfaatkan secara optimal dengan ditemukannya botol yang dibuang begitu saja. “Botol plastik ini kalau sudah habis isinya ya langsung dibuang” ujar Ibu Komariyah. Selain mengurangi sampah organik, proses pembuatan biopori juga dapat mengurangi limbah botol plastik yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan Pipa PVC pada pembuatan biopori.

survei-lingkungan
Masih ditemukannya Limbah Botol Saat Observasi Lingkungan

Dengan adanya penyuluhan dan pelatihan tersebut diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitarnya serta dapat memanfaatkan limbah yang berada di sekitar rumah.

Oleh: Athik Dina Nashihah (Teknik Geologi, NIM 21100117120033)

Editor: Ragil Saputra, S.Si, M.Cs (Dosen KKN)