Pendampingan Digital Marketing bagi Pelaku Home Industri

BANJARNEGARA (19/7) – KKN Undip Tim II Tahun 2019/2020 mengusung tema KKN Pulang Kampung, dampak dari pandemi Covid-19, dimana mahasiswa diwajibkan melaksanakan KKN secara individual di desa asal. KKN  dilaksanakan 5 Juli – 15 Agustus 2020.

Meskipun di tengah pandemi,  mahasiswa diharapkan dapat tetap bermanfaat bagi masyarakat dengan cara yang kreatif dan mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan program kerjanya.

Adanya wabah ini membuat pertumbuhan perekonomian Indonesia terkontraksi -4,3% pada kuartal ke II. Pemerintah saat ini sedang berusaha mengupayakan pertumbuhan ekonomi di kuartal ke III positif agar tidak jatuh dalam jurang resesi, dalam hal ini usaha dari hulu hingga hilir terkena dampaknya tidak terkecuali usaha Home Industri di Desa Merden tempat penulis melaksanakan KKN.

Dalam tahap pengumpulan data dan informasi penulis melakukan survei terhadap pelaku usaha Home Industri kemudian didapatkan temuan, pelaku usaha mengeluh penjualannya di saat pandemi karena mengalami penurunan signifikan. Hal ini membuat penulis ingin membantu menangani permasalahan yang dihadapi mereka dengan melakukan “Pendampingan dan Edukasi Digital Marketing terhadap Home Industri PULDES (Kimpul Pedes)”.

Pelaku usaha ini memanfaat hasil pertanian yang ada yaitu talas (Kimpul) untuk dijadikan olahan PULDES sehingga memiliki nilai jual yang lebih.

Pendampingan oleh penulis dilakukan dengan cara membantu produksi PULDES dari awal hingga produk jadi dan siap untuk dijual. Dalam melakukan penjualan pelaku usaha masih menggunaakan metode konveisional yaitu menunggu pembeli datang ke toko. Dan hal ini sangat berdampak disaat terjadinya wabah Covid-19 yang membatasi ruang gerak warga sehingga penjualan mengalami penurunan.

Pendampingan Home Industi PULDES

Atas hal tersebut perlu adanya pendampingan dan pemahaman  Digital Marketing kepada pelaku usaha demi menjaga keberlangsungan usaha tersebut. Karena dengan dilakukannya penjualan yang berbasis Online akan membuat produk semakin dikenal oleh masyarakat luas dan akan meningkatkan penjualan. Harapan besar penulis dengan dilaksanakan program ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga membantu perekonomian.

Penulis : Andri Aji Saputra

Editor  : Dr. Amirudin, MA