MEMBANGUN BISNIS DI MASA PANDEMI
Sleman (18/7) KKN Tim II periode 2020 berlangsung berbeda dari KKN sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa KKN melakukan kegiatan KKN secara mandiri di rumah masing-masing. KKN akan berlangsung selama 42 hari terhitung sejak 5 Juli – 15 Agustus 2020.
Pada minggu pertama KKN, telah dilakukan perizinan kepada Ketua RT dan Kepala Dukuh, sekaligus untuk berdiskusi mengenai program kerja yang akan dilakukan. Hingga akhirnya didapatkan satu program kerja yaitu “Pendampingan UMKM”.
Setelah melakukan survey di beberapa UMKM, didapatkan satu UMKM yaitu “WGS Corner”. UMKM WGS Corner merupakan UMKM yang baru berdiri di tengah Pandemi Covid-19, UMKM ini didirikan sejak 6 Juli 2020. Dalam WGS Corner terdapat 3 brand usaha yaitu Bobaho, Ono Dimsum, dan Mimi’s Frozen Food. Yang menjadi fokus untuk pendampingan UMKM adalah Bobaho, dikarenakan penjualan dan pemasaran Bobaho masih belum mencapai target, karena adanya saingan di bidang yang sama dan sudah berdiri terlebih dahulu, yaitu brand Boba time yang berjarak 300 meter dari WGS Corner. Menurut data lapangan, penjualan Boba time sehari bisa mencapai 180 cup, sedangkan untuk Bobaho hanya mencapai 15 cup sehari, sehingga Bobaho belum bisa dikatakan mencapai target. Program kerja pendampingan UMKM ini akan meliputi pendaftaran Gofood dan Grabfood, pembuatan instagram, pembuatan flyer, pembuatan baliho, dan pemesanan mesin kasir (Point of Sale).
Pemilik UMKM juga telah menyetujui adanya pendampingan pada UMKM beliau, dan diharapkan dengan adanya program kerja pendampingan UMKM ini, produk Bobaho akan lebih dikenal masyarakat, dan penjualan Bobaho akan mengalami peningkatan.
Penulis : Salsabila Permatasari Putri Nugroho
Editor Hendrik A.S.