JUMAT BERKAH DALAM PRA ADAPTASI KEBIASAAN BARU

CILENDEK TIMUR, BOGOR BARAT (18/7) – Pada hari Selasa, 7 Juli 2020, survei lapangan yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim II Kota Bogor menemukan bahwa keadaan tempat ibadah yang berada di Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor yaitu Masjid Al Imam Ahmad bin Nur Hanbal Nurhasanah masih minim sarana perlindungan diri dari virus corona salah satunya yaitu hand sanitizer.

            Masjid Imam Ahmad bin Nur Hanbal Nurhasanah merupakan salah satu masjid yang terletak di Kelurahan Cilendek Timur yang menjadi tempat sentral bagi umat Islam dalam melakukan ibadah seperti Salat Jumat. Pelaksanaan ibadah Salat Jumat dalam beberapa minggu terakhir setelah diizinkan untuk dibuka kembali akibat adanya pelarangan berkegiatan di tempat umum dan mengumpulkan orang banyak, tidak terdapat adanya sarana perlindungan diri dari virus corona seperti hand sanitizer. Di Kota Bogor sendiri, menurut Keputusan Walikota Bogor Nomor 900.45-464 Tahun 2020, mulai 3 Juli 2020 sampai 3 Agustus 2020 Kota Bogor memasuki fase Pra-Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Maka dari itu, diperlukan persiapan yang baik dalam menuju tatanan kenormalan baru seperti terus menggiatkan pencegahan virus corona.

            Salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona ini adalah dengan menjaga kebersihan tangan yaitu sering mencuci tangan. Namun, sering kali kita malas melakukannya karena sulit mencari tempat untuk membilas sabun cuci tangan. Hand sanitizer merupakan cairan antiseptik di mana kita tidak membutuhkan air untuk membilasnya. Dengan adanya hand sanitizer, dapat menjadi suatu solusi yang praktis dan mudah dibawa ketika kita bepergian. Melalui mahasiswa KKN UNDIP Tim II Kota Bogor, sosialisasi menjaga kebersihan tangan kepada masyarakat Kelurahan Cilendek Timur khususnya jamaah Masjid Imam Ahmad bin Nur Hanbal Nurhasanah pada saat ibadah Salat Jumat diharapkan dapat diterapkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan pada kehidupan sehari-hari yang dapat mencegah penyebaran virus corona.

Penulis : Fathira Taruma Wardhana (26030117140010 / Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro) #KKNtimIIperiode2020 #p2kknundip #lppmundip #undip #KKNTimIIKotaBogor #SahityaRaksaBaraya