Heboh Menanam TOGA! Fakta No.3 Mengejutkan!

Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Bekasi(19/07/2020) Sekelompok mahasiswa KKN yaitu mahasiswa Undip dan mahasiswa IPB bersama-sama Ibu-ibu PKK RW 029 menanam TOGA . TOGA sendiri merupakan singkatan Dari Tanaman Obat Keluarga. Hal ini dilakukan demi menjaga lingkungan selain itu pula untuk mengenalkan kepada warga mengenai TOGA sendiri yang mepunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Menurut pengakuan salah satu warga yang mengikuti program ini dirinya tidak mengetahui sebelumnya mengenai TOGA ini “Saya tidak tahu tentang TOGA ini” Jawab salah satu warga ketika ditanyai mengenai TOGA. Atas dasar hal inilah kami melakukan program Tanam TOGA dilingkungan RW 029, Bekasi.

Program ini dilaksanakan pada Hari selasa tanggal 14 Juli 2020 ini dimulai dari penjelasan Mengenai manfaat dari TOGA ini sendiri, yaitu:

Penyuluhan Mengenai Manfaat TOGA

1.Membunuh virus

2.menurunkan tekanan darah tinggi

3.Menghilangkan Bau badan

4.Meredakan demam

5.Menyerap polusi udara

Kemudian acara dilanjutkan prosesi tanam menanam yang dilakukan Tim KKN bersama Peserta. Hal yang harus disiapkan pertama kali tentunya Tanaman Obat itu sendiri disini saya dan tim memilih tanaman Sirih merah, Jahe, Lidah buaya dan Lidah Mertua alasan kami memilih tanaman tersebut karena di rasa cukup mudah dalam perawatannya. kemudian barang yang harus disediakan adalah Pot atau wadah untuk menanam serta pupuk kompos dan tanah.

Proses Menanam TOGA

Setelah semua tanaman sudah ditanam kedalam pot yang telah disediakan kemudian pot-pot tersebut di letakan di atas rak yang telah disediakan sebelumnya. Untuk perawatan TOGA ini terbilang cukup mudah, cukup disiram 2 kali sehari yaitu pagi hari dan sore hari dengan air.

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah menumbuhkan minat dari masyarakat untuk bercocok tanam karena selain juga berguna untuk lingkungan dan juga bermanfaat bagi kesehatan masyarakat itu sendiri.

Oleh: Muhamad Rizki Yudistira-Fakultas Hukum