New Normal Masih Mengkhawatirkan Warga, Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN Undip

Ungaran(12/07/2020)-Kondisi pandemi Covid-19 saat ini tak menghentikan Undip untuk tetap melaksanakan program pengabdiannya dalam Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh mahasiswanya yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (SDGs)”, pelaksanaan KKN TIM II periode 2020 ini dilakukan para mahasiswa di kampung halamannya masing masing. Seperti salah satunya KKN yang dilaksanakan di RT.10/RW.09 Gedang Asri Baru, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Pada 6-10 Juli 2020, secara langsung dilakukan pengamatan pada lingkungan sekitar dan juga pengamatan pada kondisi warga terutama saat new normal telah diberlakukan. Pengamatan dilakukan bertujuan untuk untuk mendapatkan data kondisi warga agar dapat mengarahkan pada pelaksanaan program yang tepat sasaran bagi warga. Sebagian besar warga RT.10/RW.09 ini merupakan pegawai yang harus beraktivitas diluar rumah hampir setiap harinya, sehingga warga-warga ini mau tidak mau harus menjalani new normal dengan berbagai protokol kesehatan ditengah pandemi covid-19 ini. Dalam survey yang dilakukan langsung pada warga didapatkan bahwa masih banyak warga yang merasa cemas dan khawatir dalam beraktivitas kala new normal ini. Namun hal ini tentunya menjadi sebuah perhatian sendiri lantaran rasa cemas dan kekhawatiran yang mengganggu warga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh mereka. Perlu diingat bahwa meskipun dalam kondisi new normal, siapapun dapat memiliki resiko untuk dapat tertular covid-19 ini. Sehingga penting sekali untuk tetap menjaga daya tahan tubuh walau ditengah berbagai aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, kondisi pandemi covid-19 yang membatasi berbagai aktivitas warga juga turut mempengaruhi kehidupan perekonomian warga, sebagian warga pun mengaku bahwa sejak adanya pandemi berdampak langsung pada pemasukan rumah tangga mereka.

Berangkat dari kondisi tersebut, mahasiswa KKN Tim II Periode 2020 Undip di RT.10/RW.09 ini berencana melakukan pemberdayaan warganya untuk tetap menjaga kesejahteraan mental dan daya tahan tubuhnya dengan memberikan edukasi kesejahteraan dalam keluarga dalam new normal dan pembagian hand sanitizer dari limbah kulit jeruk. Pengolahan limbah kulit jeruk dilakukan dengan dipiliah dan dibersihkan kemudian dikeringkan, lalu di ambil ekstraknya dengan dilarutkan dengan ethanol 96%. Ekstrak yang telah jadi kemudian dicampurkan dengan ethanol 96% murni, gliserin dan air suling yang kemudian dapat digunakan menjadi hand sanitizer.     
Selain itu, dilakukan pula upaya pemberdayaan ekonomi dengan memberikan pelatihan pada ibu-ibu warganya untuk dapat membuat minuman herbal yang baik untuk daya tahan tubuh, sekaligus dapat menjadi wadah mengembangkan usaha baru. Ketua RT.10 pun telah memberi lampu hijau atas dilakukannya program ini dan berharap bahwa program ini nantinya akan bermanfaat bagi warga terutama dalam pemberdayaan keluarga dilingkungan ini.

Author: Salsabila Putri (Psikologi 2017)
Dosen : Damar Nurwahyu Bima, S.Si, M.Si