Memberi Informasi Dari Rumah Ke Rumah

Kudus (20/7) Pemberian informasi lewat sosialisasi door to door diharapkan dapat menyadarkan warga di Dusun Sosok RT 3 RW 3 tentang pentingnya kita mematuhi protocol kesehatan. Kesadaran diri pribadi akan melindungi keluarga dan orang lain dari kemungkinan tertular covid-19. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN disambut hangat oleh warga Dusun Sosok. Keramahan warga menjadi salah satu bentuk terbukanya masyarakat untuk penerimaan informasi baru.

Sosialisasi tentang pentingnya protocol kesehatan di era new normal adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan saat ini. Meningkatnya jumlah pasien covid-19 juga dikarenakan perilaku masyarakatnya yang tidak mematuhi anjuran pemerintah untuk selalu menerapkan protocol kesehatan dimanapun berada. Masyarakat kurang peduli atau bahkan kurang mengerti tentang pentingnya protocol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menghindari berjabat tangan.

Salah satu contohnya yaitu masyarakat di Dusun Sosok RT 3 RW 3 Desa Hongosoco yang banyak mengabaikan protocol kesehatan ketika melakukan aktivitas di luar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Masyarakat cederung malas memakai masker dan masih menerapkan budaya berjabat tangan. Perilaku yang dilakukan masyarakat di Dusun Sosok tentunya sangat membahayakan bagi semua orang di tengah masifnya penyebaran covid-19.

Warga di Dusun Sosok RT 3 RW 3 mengangggap bahwa new normal yang diberlakukan oleh pemerintah adalah sebagai bentuk kebebasan dalam beraktifitas dari yang sebelumnya dibatasi. Warga kurang memiliki pemahaman bahwa normalnya kembali aktivitas semua orang harus disertai dengan penerapan protocol kesehatan. Sehingga pembuatan program sosialisasi tentang pentingnya protocol kesehatan dilakukan sebagai upaya memperbaiki kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh warga.

Oleh    : Ani Noor Septiani-14010117120021

Editor  : Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt. M.P.