Kegiatan Kesehatan di Desa Jambon

jambon 1
Pendataan Hipertensi Warga Desa Jambon Saat Perkumpulan Rukun Warga (RW)

Pada hari Jumat 20 Januari 2017 telah berlangsung kegiatan rutin ibu-ibu Rukun Warga (RW) desa Jambon yang bertempat disalah satu rumah warga pukul 10.00 WIB yang dihadiri sekitar 25 orang. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari oleh tim KKN Undip desa Jambon dalam lingkup kesehatan yaitu memfasilitasi masyarakat untuk melakukan medical checkup tekanan darah, memberikan pendidikan kesehatan mengenai hipertensi,selain itu juga dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya pemilahan sampah organik dan anorganik serta cara pengelolaan sampah yang benar.

Kegiatan berlangsung dengan lancar,antusiasme dan respon masyarakat sangat baik selama berlangsungnya kegiatan. Kegiatan ini dimanfaatkan masyarakat untuk menambah pengetahuan dan sharing mengenai masalah kesehatan dan lingkungan hidup. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu memfasilitasi checkup tekanan darah dan membagikan leaflet mengenai hipertensi, penyebab,dampak,tanda gejala dan cara penanganannya dengan melakukan senam hipertensi. Setelah dilakukan evaluasi didapatkan hasil yaitu hampir semua warga menderita hipertensi.  Hipertensi yang diderita masyarakat ini di sebabkan beberapa faktor seperti pola makan yang tidak dijaga,gaya hidup,faktor keturunan,serta kebiasaan minum kopi hampir tiga kali dalam sehari yang sudah menjadi budaya masyarakat desa Jambon yang banyak berlatar belakang petani kopi. Kegiatan dilanjutkan dengan soaialisasi mengenai pemilahan sampah organic dan anorganik serta cara mengolah sampah yang benar.

Acara diakhiri dengan tanya jawab dan sharing masalah kesehatan serta lingkungan hidup,harapannya masyarakat dapat memperoleh manfaat dan menambah wawasan pengetahuan kesehatan.