Kopi “Sejuta Manfaat”, Dari Serbuk Menjadi Sabun

IMG_20170116_110512_HDR
            Acara Pembukaan Pertemuan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Balai Desa Jambon

Bertepatan pada hari Senin (16/1/2017) tim I KKN 2017 yang mendapatkan tugas untuk mengabdi di desa Jambon ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diselegarakan di Balai Desa Jambon. Mahasiswa KKN membantu dalam persiapan pertemuan PKK dari penyaluran hidangan hingga persiapan presentasi. Kegiatan PKK didahului dengan penyuluhan pentingnya pendataan kartu kesehatan oleh Bidan Desa, sambutan oleh ketua PKK dan acara penutup yaitu pembuatan sabun aroma lemon dan sabun kopi yang dipandu oleh mahasiswa tim I KKN UNDIP 2017.

IMG_20170116_124617
         Pelatihan Pembuatan Sabun Kopi Oleh Mahasiswa KKN

Pelatihan pembuatan sabun diawali dengan penyampaian materi tentang  keuntungan pembuatan sabun homemade dan manfaat kopi, setelah itu dilakukan pelatihan pembuatan sabun aroma lemon dan sabun kopi yang langsung diperagakan oleh ibu – ibu PKK. Pelatihan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama membuat sabun beraroma lemon yang dimaksudkan agar ibu – ibu dapat membuat sabun dengan kandungan yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga (semisal ada yang alergi susu, maka sabun yang dibuat tidak ditambahkan susu). Sedangkan kelompok kedua membuat sabun kopi yang bahan kopinya berasal dari perkebunan kopi warga yang telah dihaluskan menjadi serbuk. Selain memanfaatkan kopi hasil panen warga, sabun kopi memiliki banyak manfaat yaitu mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam, mencerahkan kulit wajah dan lainnya.

Acara pelatihan pembuatan sabun berlangsung dengan lancar dan anggota PKK terlihat cukup antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Acara ditutup dengan pemberian peralatan dan bahan pembuatan sabun kepada ketua PKK Desa Jambon.