MEMPERTAHANKAN KETAHANAN PANGAN DI ERA PANDEMI

Semarang-(21/07) Universitas Diponegoro tahun ini melaksanakan kegiatan KKN dengan format yang berbeda. Mahasiswa dituntut membuat program kerja yang bertema :”Pemberdayaan Masyarakat ditengah Pandemi COVID-19 berbasis SGDs” secara individu sehingga mahasiswa diharapkan dapat membuat 2 program monodisiplin yang dapat membantu masyarakat disekitar lingkungan mereka.

Gambar 1. Menyampaikan program monodisiplin kepada masyarakat.

Kegiatan minggu pertama diisi dengan pembuatan proposal, observasi dan mengurus perizinan kepada penjabat di RT 04 RW 05 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Mahasiswa yang dibimbing oleh Dr. Dra Wilis Ari Setyati, M.Si. melakukan observasi lingkungan guna menemukan permasalahan atau insight terhadap lingkungan sekitar. Didapatkan bahwa di era pandemi saat ini masyarakat harus mempertahankan Ketahanan Pangan. Hal ini dapat dilakukan dengan menghasilkan produk pertanian secara mandiri. Mahasiswa membuat program yaitu “Sosialisasi dan edukasi untuk mewujudkan ketahanan pangan di era pandemi covid-19”.

Gambar 2. Kegiatan kerja bakti bersama masyarakat

Kegiatan minggu kedua diisi dengan kegiatan kerja bakti bersama masyarakat sekitar. Hal ini menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk turut ikut serta aktif untuk bersosialisasi kepada masyarakat. Mahasiswa tak lupa menjelaskan bahwa akan melakukan sosisaliasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara mempertahankan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19. Sasaran utama mahasiswa adalah para remaja yang dapat menjadi contoh kepada para orang tua.

-Bersama Memberi Makna-

Penulis : Dimas Hermansyah

Semarang, 21 July 2020