Kecamatan Bodeh : Mengasah Kerjasama Anak Desa Jraganan Melalui Puzzle Wajah Khas Jepang

Anak SD Negeri Jraganan Bekerjasama Mencoba Menyelesaikan Puzzle Wajah
Anak SD Negeri Jraganan Bekerjasama Mencoba Menyelesaikan Puzzle Wajah

Puzzle wajah khas Jepang (Fukuwarai) adalah permainan yang sering dimainkan pada saat tahun baru di Jepang. Permainan ini teridiri dari satu gambar wajah tanpa mata, hidung, bibir dan sebagainya, sehingga pemain perlu memasangkan bagian-bagian wajah tersebut kepada gambar wajah dengan mata yang tertutup. Koordinasi dari teman-teman sekitar atau kelompok terkait sangat diperlukan untuk mengarahkan pemain yang bertugas memasangkan bagian-bagian wajah tersebut sehingga terciptalah rupa wajah yang sempurna. Pada saat ini,  beberapa anak desa Jraganan masih belum mampu beraktivitas secara berkelompok sehingga perlu diasahnya kemampuan bekerja sama dan koordinasi antara masing-masing anak terhadap teman-temannya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 26 Januari 2017 di SD Negeri Jraganan pukul 14.00 sampai 15.30 WIB. Anak-anak desa Jraganan tampak antusias dalam memainkan permainan Fukuwarai ini. Kemauan anak-anak untuk bekerja sama dengan siswa lain yang tidak akrab pun dapat terwujud demi terciptanya sebuah gambar wajah dengan bagian yang sempurna. Hasil dari kerja sama anak-anak cukup bervariasi, antara lain ada kelompok ada yang berhasil tapi juga terdapat kelompok yang gagal. Akan tetapi, dari permainan ini tampak bahwa anak-anak tersebut memiliki sifat yang sportif, dimana mereka menilak untuk berbuat curang dan tidak mengganggu kelompok satu sama lain.

Melalui program ini, diharapkan anak-anak desa Jraganan dapat lebih aktif dalam kegiatan sosial di lingkungannya serta dapat menjadi lebih partisipatif dan koordinatif dalam kegiatan masyarakat di kemudian hari.

IMG_20170126_143913
Penjelasan Mengenai Puzzle Wajah Khas Jepang (Fukuwarai) oleh Mahasiswa KKN

Review : AMS, 03022017