Pahlawan UMKM: Memulihkan Ekonomi Nasional dengan Menjaga Keberlangsungan Bisnis melalui Platform Digital

DKI Jakarta (20/07/2020) – Sosialisasi Edukasi dengan judul program “Pahlawan UMKM; Supporting SMEs” dilakukan pada hari Senin, 20 Juli 2020. Sosialisasi edukasi ini dilakukan secara door-to-door mendatangi para pelaku usaha di Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Pelaksanaan program pertama ini disambut baik oleh para pelaku usaha. Program ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan di wilayah tersebut, yakni adanya pandemi Covid-19 ini berdampak pada kemampuan finansial setiap warga negara Indonesia, tak terkecuali warga RT 04/05 Gandaria Selatan Cilandak Jakarta Selatan, menurut hasil observasi  yang dilakukan, hal ini diakibatkan karena banyaknya biaya yang harus dikeluarkan sedangkan pendapatan mereka berkurang dan menjadi tidak mencukupi. Banyak pedagang-pedagang kecil di wilayah tersebut yang dagangannya tidak laku dan mendapat pemasukan yang jauh berkurang bila dibandingkan dengan penjualan ketika sebelum adanya pandemi ini. Kondisi ini diakibatkan karena dalam masa pandemi ini, masyarakat diharuskan untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan (antara lain: tetap tinggal di rumah, selalu menjaga kebersihan, dan mengurangi kontak dengan pihak lain), sehingga hal ini berdampak pada kelangsungan usaha kecil di sekitar masyarakat tersebut.

“Penjualan saya menurun semenjak adanya Covid ini, terlebih biasanya banyak warga yang berkumpul di area sini sekarang jadi sepi, imbasnya ke makanan saya banyak yang tidak laku, ditambah saya juga harus memenuhi kebutuhan hidup anak istri saya, saya juga sudah melakukan pengurangan pegawai untuk meminimalisir biaya operasi tetapi tetap saja masih kurang mencukupi.” Jelas Mas Fariz selaku pelaku usaha di bidang makanan.

Selain itu, di RT 04/05 Gandaria Selatan Cilandak Jakarta Selatan ini, pedagang/pengusaha kecil masih belum memiliki pengetahuan yang baik mengenai pemanfaatan dan penggunaan teknologi dalam melakukan usahanya. Masih banyak yang tidak menggunakan sarana digital/online dalam memasarkan dan menjual produknya, sedangkan dalam kondisi seperti ini kepraktisan dan keefektivan berbelanja adalah yang sangat dicari-cari oleh masyarakat.

Dengan melihat permasalahan tersebut, kegiatan sosialisasi edukasi ini dilakukan dengan harapan dapat membantu para pelaku usaha yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini.

Dalam kegiatan sosialisasi, materi edukasi disampaikan oleh Mahasiswa KKN, Arnintya Amara Prameswari menyampaikan penjelasan mengenai langkah apa saja yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mempertahankan usahanya di tengah pandemi ini, termasuk juga betapa pentingnya penggunaan teknologi dan digital marketing dalam mendukung aktivitas usahanya di era yang semakin modern. Mahasiswa juga memberikan booklet/buku saku kepada setiap pelaku usaha yang mencangkup seluruh materi yang disampaikan pada saat sosialisasi tersebut dilakukan.

Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.

Poster dan Booklet Kegiatan

Dilihat dari para pelaku usaha tersebut, beberapa dari mereka masih menggunakan media whatsapp saja dalam berinteraksi dengan pelanggan dan memasarkan produknya. Masih terdapat pelaku usaha yang tidak menggunakan aplikasi digital lainnya seperti instagram business, bekerjasama dengan GoFood/GrabFood untuk usaha dibidang makanan, shopee, dan lain sebagainya. Aplikasi digital tersebut sejatinya membuat suatu usaha menjadi lebih efektif dan efisien, disamping para pelaku usaha dapat menekan biaya operasional, pelaku usaha juga dapat memasarkan usaha/bisnisnya secara luas, dan memudahkan para pelanggan dalam membeli produk tersebut dengan sarana digital yang tersedia dan praktis.

Sosialisasi Kegiatan 1

Sosialisasi ini dilakukan sebagai bagian dari program kerja dari pelaksanaan KKN TIM II 2019/2020 Universitas Diponegoro, dengan harapan agar setiap masyarakat selalu memiliki motivasi untuk terus berkarya dan tentunya bersama kita mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan terus mendukung UMKM dan para pelaku usaha untuk tetap bisa berjualan dan memperoleh penghasilan yang mencukupi seperti sebelum adanya pandemi Covid-19 ini dengan memanfaatkan segala sarana aplikasi digital saat ini, sehingga para pelaku usaha dapat memasarkan produknya lebih luas lagi yang kemudian akan membuat usahanya menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Penulis : Arnintya Amara Prameswari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen.

Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.