#X Belajar di Rumah, Apakah Anak Lebih Sering Bermain atau Semakin Fokus Belajar? X-02-B-3#

Semarang (21/7/2020), mahasiswa KKN Undip Desa Pager melakukan survei survey kembali untuk mengetahui bagaimana kondisi anak desa Pager di RT lainnya. Semakin banyak data anak yang masuk, sebuah masalah baru muncul.

Masalah baru yang muncul bukan ada pada mata pelajaran yang tidak dikuasai anak dan juga bukan penurunan dari mata pelajaran favorit anak. Ternyata anak memiliki permasalahan yang berupa lamanya belajar, anak belajar hanya dalam hitungan menit. Lalu apa yang anak pelajari dalam beberapa menit?

Anak merasa sudah belajar dalam beberapa menit dengan hanya mengerjakan pr saja dan dalam beberapa menit tersebut anak masih kurang belajar akan materi yang ada. Walaupun anak ketika belajar ditemani dengan orang tua, apa yang dipelajari dengan orang tua hanya sebatas mengerjakan tugas saja. Lalu bagaimana ketika anak bermain hp tanpa orang tua?

Anak lebih sering bermain ketika memegang handphone milik orang tuanya, ini merupakan hal wajar ketika anak memegang handphone. Tapi bagaimana jika permainan yang dimainkan anak bukanlah permainan yang sesuai dengan umurnya. Dan bagaimana jika anak sudah memiliki handphone pribadi? Itu hanya akan menambah waktu bermain anak lebih banyak dan dapat memainkan game yang seharusnya tidak dimainkan.

mengetahui bagaimana belajar anak dengan smartphone

penulis : Agni Wiguna (Sains dan Matematika 17)