Pemberdayaan Ibu-ibu Rumah Tangga Kelurahan Semper Barat dalam Pembuatan Es Yoghurt demi Menghadapi Pandemi Covid-19

Yoghurt adalah minuman yang termasuk dalam kategori pangan fungsional. Pangan fungsional adalah golongan makanan yang memiliki rasa enak dan juga memberikan dampak kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Yoghurt yang umumnya terbuat dari susu sapi memiliki nutrisi yang tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh serta melancarkan sistem pencernaan. Yoghurt susu sapi juga mengandung senyawa asam amino esensial yang membantu pertumbuhan tubuh maupun meningkatkan kondisi tubuh sehingga baik anak anak, remaja, maupun orangtua disarankan untuk meminum yoghurt.

Pembuatan es yoghurt yang di ajarkan Juan (mahasiswa KKN Undip) ini dilakukan dengan menggunakan susu formula yang bertujuan untuk mendapatkan susu dengan harga murah tetapi kualitas terjamin, starter bakteri yang berisi Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles, gula, serta pewarna makanan. Pembuatan susu dibuat dengan memanaskan air terlebih dahulu kemudian dicampurkan dengan susu bubuk, susu lalu diaduk dan didiamkan hingga suhunya mencapai 60°C. Susu kemudian ditambahkan dengan starter bakteri kemudian diinkubasi selama 14 jam untuk membentuk yoghurt, yoghurt kemudian ditambahkan dengan gula dan pewarna makanan untuk mendapatkan rasa yang enak. Penambahan gula serta pewarna makanan dilakukan dengan mengikuti SNI untuk menjaga kualitas produk yoghurt. Yoghurt kemudian dimasukkan dalam wadah plastik untuk selanjutnya dibekukan. Produk es yoghurt dapat disimpan lebih lama dibandingkan minuman yoghurt sehingga memudahkan ibu-ibu Kelurahan Semper Barat dalam pemasarannya.

Pemilihan es yoghurt sebagai tema KKN karena yoghurt merupakan makanan yang menyehatkan, teknik pembuatannya cukup mudah sehingga kedepannya ibu-ibu Kelurahan Semper Barat dapat menjalankannya secara mandiri, dan biaya produksi es yoghurt bisa berkurang karena penggunaan starter bakteri dapat digunakan berulang kali. Dengan adanya pelatihan dan pemberdayaan ini ibu-ibu Kelurahan Semper Barat memiliki potensi usaha yang dapat membantu perekonomian keluarga, dan produk yang akan dijual juga memiliki dampak kesehatan sehingga bisa menjadi tameng kekebalan tubuh dalam menangani wabah Covid 19.

Oleh: Juan Barita Silaban

Editor : Rudy Hartanto (DPL KKN)