Industri Bibit Berjalan dengan Normal, Mahasiswa Undip Melakukan Sosialisasi Mitigasi Covid

Magelang (20/07) mahasiswa Undip melakukan program sosialisasi mitigasi covid untuk industri pembibitan sayuran yang terletak di Desa Kajoran, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Sosialisasi dilaksanakan pada Senin (20/07). Program dimaksudkan untuk mencegah resiko penularan covid khususnya di industri pembibitan.

(Gambar: Poster Sosialisasi)

Industri pembibitan sayuran yang terletak di Desa Kajoran, Kecamatan Kajoran dapat dikatakan sebagai industri yang cukup besar dan menjadi potensi daerah Desa Kajoran. Hampir 70% warganya mendirikan usaha ini sebagai mnata pencaharian utama, khususnya di Dusun Pucungsari, sebegai sentra pembibitan sayuran. Dalam masa pandemi covid ini, industri bibit berjalan dengan normal, pengiriman ke luar kota juga masih dilakukan. “Kendala selama pandemi ini sebenarnya tidak ada, jika dari segi permintaan. Permintaan masih berjalan secara normal dan pengiriman juga masih dilakukan secara normal”, tutur Zaenal, pengusaha bibit saat diwawancarai pada Rabu (08/07).

(Gambar: Penyerahan Poster)

Pengiriman yang dilakukan secara normal dan masih belum adanya budaya untuk menjaga protokol kesehatan dalam masa pandemi ini, dilihat oleh mahasiswa Undip sebagai suatu masalah dalam industri bibit karena bagaimanapun setiap orang memiliki resiko untuk tertular covid. Program sosialisasi mengenai mitigasi covid di industri bibit adalah solusi untuk mengurangi resiko tersebut. Program ini memberikan pengertian kepada pelaku usaha dan pekerja industri bibit bahwa menjalankan protokol kesehatan sangatlah penting dilakukan. Program ini juga dapat menumbuhkan budaya baru agar selalu waspada terhadap ancaman yang tidak terlihat dan selalu menjaga kebersihan. program dilakukan pada Senin (20/07) dengan penempelan poster dan monitoring seiring dengan penerapannya. Program ini diharapkan dapat membantu menyadarkan masyarakat khususnya para pelaku usaha pembibitan agar selalu waspada dan melaksanakan protokol kesehatan dimanapun.

Penulis: Zakiya Amanatina/Teknik Industri

Editor : Abdi Sukmono