Mahasiswa KKN UNDIP Bantu UMKM Kerupuk Ikan Tingkatkan Produktivitas di Tengah Pandemi Covid-19

Brebes (07/2020) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro berlangsung sejak 5 Juli hingga 15 Agustus 2020 dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). KKN kali ini berbeda karena dilaksanakan secara individu di masing-masing kampung halaman mahasiswa. Salah satu mahasiswi KKN UNDIP asal Brebes saat ini sedang melakukan program pendampingan pada UMKM kerupuk ikan dalam meningkatkan produktivitas di era covid-19.

Sebagaimana kita ketahui, dampak covid-19 terhadap sektor perekonomian dialami secara langsung oleh sebagian besar masyarakat, termasuk pelaku UMKM kerupuk ikan di Desa Pesantunan yang mengalami penurunan pemasaran produk selama pandemi covid-19. “Sejak ada corona saya merasakan dampak pada penjualan yang semakin menurun, jadi saat ini saya membatasi dalam proses pembuatan adonan kerupuk” ujar Ibu Eti, pelaku UMKM saat pendampingan proses pembuatan produk kerupuk ikan.

Pendampingan UMKM pada proses pembuatan kerupuk ikan

UMKM kerupuk ikan di Desa Pesantunan didirikan sejak tahun 2017. Namun, hingga saat ini pemasaran produk hanya sebatas Desa Pesantunan dengan melalui perantara warung-warung kecil. Oleh karena itu, pendampingan UMKM dalam pemasaran produk berbasis online melalui marketplace diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk serta dapat menstabilkan perekonomian UMKM kerupuk ikan yang sempat turun selama pandemi covid-19.

Pada program ini, mahasiswa KKN juga melakukan penawaran produk olahan ikan secara langsung sekaligus sosialisasi gemarikan kepada masyarakat dari rumah ke rumah sebagaimana bentuk dukungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di tengah pandemi Coronavirus Disease-19 (COVID-19) sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, karena mengonsumsi ikan sangat baik untuk daya tahan tubuh (imunitas).

Penawaran produk sekaligus kampanye gemarikan
Perizinan ketua RT

“Saya sangat setuju dengan proker tersebut karena selain dapat menguntungkan UMKM desa kami, juga dapat menyadarkan masyarakat supaya mengonsumsi ikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi covid-19” tutur Pak Selamet selaku Ketua RT 01 RW 04 saat diminta izin pelaksaan KKN.

Oleh : Tika Suci Sulistiani

Editor : Dr. Naniek Utami Handayani., S.Si., MT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *