Bosan dengan Olahan Ikan yang Itu-Itu Saja? Coba Bikin Ini Yuk!

Jakarta (21/07). Tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terbilang rendah. Namun dibeberapa tahun terakhir sejak dijalankannya Progam GEMARIKAN atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, angka konsumsi ikan di Indonesia terus meningkat, dibuktikan dengan adanya peningkatan sebesar 55,95 kg/kapita/tahun dari target yang ditetapkan sebesar 54,49 kg/kapita/tahun. KKP terus melakukan kampanye dan publikasi mengenai program GEMARIKAN ini agar masyarakat semakin rajin mengkonsumsi ikan. Untuk membantu program tersebut, Mahasiswa KKN melakukan program berupa pengenalan GEMARIKAN melalui video dan pemberian video tutorial untuk refrensi pengolahan produk perikanan.

Sebelum melakukan program tersebut, telah dilakukan survey melalui google form yang ditujukan kepada ibu-ibu rumah tangga di sekitar lingkungan tempat tinggal yaitu Perumahan Tanjung Barat Indah, Jakarta Selatan. Hasil yang didapatkan dari survey tersebut yaitu:

Hasil Survey
Hasil Survey
Hasil Survey

Berdasarkan hasil yang didapatkan, disimpulkan bahwa angka konsumsi ikan masyarakat Perumahan Tanjung Barat Indah cukup tinggi yaitu bernilai 28.8% yang didapatkan dari 52 responden. Kebanyakan responden sudah mengetahui kandungan gizi dan manfaat dari produk perikanan tersebut dan 53.8% tertarik dengan pengolahan perikanan.

Bahan Dasar Pembuatan Ekado

              Menindaklanjuti hasil survei dan untuk melanjutkan program GEMARIKAN maka telah dilakukan pembuatan video tutorial oleh mahasiswa KKN  yang selanjutnya akan dilakukan penyebaran video melalui whatsapp grup. Pada video tersebut juga dijelaskan mengenai kandungan gizi yang terkandung dalam ikan yang digunakan. Video pengolahan produk yang disebarkan yaitu video pembuatan ekado ikan patin.

Ekado Ikan Patin dan Bola-Bola Ikan Patin

Ekado umumnya dibuat dengan menggunakan campuran daging ayam dan daging udang. Inovasi pembuatan ekado menggunakan ikan yaitu ikan patin merupakan salah satu alternatif dalam pengolahan produk perikanan yang itu-itu saja. Pembuatan ekado ikan patin cukup mudah, hanya dengan melakukan penghalusan bahan-bahan dasar dan kemudian bahan yang sudah halus dibungkus menggunakan kulit tahu atau kulit lumpia, selanjutnya ekado dikukus dan digoreng hingga kecoklatan. Ikan patin memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan manfaat yang banyak terutama pada jantung.

Tujuan dari video ini yaitu membantu memberikan refrensi dan inovasi kepada masyarakat khususnya ibu-ibu lingkungan Perumahan Tanjung Barat Indah dalam pengolahan produk perikanan di Rumah dan agar ibu-ibu mengetahui lebih banyak tentang kandungan gizi maupun manfaat ikan patin untuk kesehatan, sehingga lebih tertarik lagi untuk mengonsumsi ikan. Video pengolahan tersebut tidak hanya disebarkan melalui whatsapp grup saja, tetapi juga diupload di youtube (https://youtu.be/ISZGzf0t8rU) agar lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Penulis: Geby Namira Mediarman

Editor: Yanuar Yoga Pratama, S.Hum, M.Hum