#XInfografis Kerentanan Penduduk Desa Gentan terhadap COVID-19 berdasarkan UsiaX-19-B-3#

Infografis merupakan salah satu penyampaian suatu informasi yang digambarkan secara visual sehingga mudah dipahami oleh masyarakat. Banyak manfaat yang diberikan ketika penyampaian suatu informasi dengan infografis salah satunya adalah mudah diingat. Hal ini telah dibuktikan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar daripada teks. Pada 21 Juli 2020, salah satu mahasiswa Tim II KKN Undip di Desa Gentan, Arsyida Urfiyyati membuat infografis mengenai kerentanan penduduk Desa Gentan terhadap COVID-19 berdasarkan usia.

Foto Pembuatan Infografis

Pembuatan infografis tersebut diawali dengan menganalisis data penduduk di Desa Gentan berdasarkan usia. Dalam analisisnya, pengelompokan penduduk berdasarkan usia dibagi menjadi 2 yaitu menurut Kemenkes yang mengelompokkan dari balita sampai manula dan menurut usia produktifnya. Hal tersebut dapat menghasilkan gambaran bagaimana kondisi penduduk di Desa Gentan berdasarkan usia yang menjadi dasar dalam perhitungan rasio kerentanan terhadap COVID-19. Jadi infografis ini menyajikan 2 informasi yaitu tentang kependudukan meliputi piramida penduduk dan usia produktif yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh perangkat Desa Gentan dalam pemanfaatan potensi Sumber Daya Manusianya dan rasio kerentanan COVID-19 yang akan menjadi salah satu penyadaran kepada masyarakat tentang penularan COVID-19 sehingga masyarakat dapat melakukan pencegahan-pencegahannya.

Program ini juga merupakan salah satu bentuk dari penyadaran terhadap pentingnya suatu data. Data yang sudah terekap bisa dijadikan sebagai suatu informasi dengan penyajian yang menarik agar masyarakat tidak bosan dan mudah untuk menerimanya. Sehingga data tersebut dapat bermanfaat dalam upaya peningkatan kemajuan di Desa Gentan.Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang