#X Infografis tentang Statistical Thinking sebagai Problem Solving dan Sarana Berpikir Ilmiah X-18-B-3#

SUSUKAN ,- Mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan persiapan program “Sosialisasi Pentingnya Statistical Thinking sebagai Problem Solving dan Sarana Berpikir Ilmiah” pada Selasa (21/07)

Sebagai kelanjutan dari kegiatan minggu kedua kemarin, mahasiswa atas nama Rian Aji Kurnia membuat sebuah design infografis yang isinya adalah sebuah diagram atau kerangka dalam berpikir, serta peran Data dan Satistik dalam sarana berpikir ilmiah.

Selain membuat infografis, mahasiswa tersebut juga membuat materi di Microsoft power point yang isinya menjelaskan tentang dasar-dasar statistika, meliputi definisi, contoh, dan manfaat dari statistika. Lalu dilanjutkan dengan materi mengenai data, seberapa penting data itu, dan bagaimana cara mengolahnya. Materi yang terakhir yaitu Statistical Thinking.

Infografis dan materi ini bertujuan agar masyarakat mampu untuk mengambil keputusan secara tepat dan bijak berdasarkan fakta dan data yang ada, dan juga agar masyarakat melek dengan yang namanya data. Dan manfaat bagi desa sendiri adalah majunya desa itu sendiri dikarenakan masyarakat yang lebih baik. Rencananya mahasiswa tersebut akan melaksanakan program sosialisasi ini secara door to door, dikarenakan adanya aturan yaitu physical distancing. Dengan media display yang digunakan adalah Poster dan Laptop.

“Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang berpikir, dan berpikir yang baik hendaknya harus sesuai berdasarkan fakta dan data yang ada. Dan disini saya ingin membagikan ilmu mengenai berfikir secara statistik melalui program ini,” Kata mahasiswa tersebut.

Mahasiswa tersebut menilai bahwa terkadang masyarakat seringkali gegabah dan tanpa pertimbangan yang jelas dalam sebuah perencanaan dan pengambilan keputusan, untuk itu dengan adanya program sosialisasi ini, mahasiswa tersebut berharap agar masyarakat mampu menentukan perencanaan ataupun keputusan secara tepat dengan menggunakan data dan fakta.