MAHASISWA UNDIP CIPTAKAN GAME EDUKASI UNTUK ANAK MUDA DI MASA PANDEMI COVID-19

Jakarta (19/7/2020) – Pada masa pandemi COVID-19, Univeritas Diponegoro selaku salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan di Indonesia harus menyesuaikan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa nya yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program KKN yang biasa nya dilakukan di daerah-daerah desa disekitar Jawa Tengah, sekarang harus dilaksanakan di daerah mahasiswa masing-masing atau disebut dengan KKN Pulang Kampung.
Pandemi COVID-19 di daerah DKI Jakarta bisa dibilang termasuk tinggi dan hal ini menyebabkan banyak nya pembatasan kegiatan di kantor, sekolah maupun fasilitas umum pada umumnya. Banyak masyarakat yang menggunakan waktu luang ini dengan Work From Home (WFH), berolahraga dan banyak juga yang hanya menikmati waktu dengan keluarga. Namun bagaimana dengan anak-anak yang seharusnya sedang jadwalnya untuk sekolah? Nasib mereka setelah sekolah diliburkan menyebabkan mereka memiliki waktu luang yang direncanakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Game atau permainan pada telepon genggam anak-anak pada sekarang seakan sudah menjadi bagian dari keseharian mereka, pada saat berkumpul dengan teman-teman maupun saat sendirian. Game dinilai menjadi sarana yang cocok bagi anak muda jaman sekarang untuk belajar, bukan hanya karena isi dari game tersebut yang dapat membuat otak anak berkembang, namun juga karena menyenangkan.

Program kerja mahasiswa UNDIP yang bernama “Arrange English. Aplikasi permainan edukasi Bahasa Inggris berbasis Android “ menjadi sarana yang cocok bagi anak muda agar tetap mengisi waktu luang nya dalam hal yang positif namun menyenangkan. Game ini sudah tersedia di Play Store dan dapat diakses secara gratis oleh pengguna android. Diharapkan dari game ini nantinya akan meningkatkan kemampuan masyarakat dan anak-anak muda khususnya dalam kemampuan Bahasa inggris nya agar mampu bersaing dalam era Industry 4.0 .

#KKNUNDIP
#KKNPULANGKAMPUNG
#KKNJAKTIMSABI

Penulis: Muhammad Fauzan Suryawijaya

Editor: Nissa Kusariana, SKM., M.Si