Yuk Kelola Keuangan Rumah Tangga di Saat Pandemi Covid-19 !

DKI Jakarta (22/7) –  Pandemi Covid-19 telah berdampak kepada kehidupan masyarakat Indonesia. Pelaksanaan KKN tim II Universitas Diponegoro dimulai pada 5 Juli-15 Agustus 2020 dilaksanakan secara mandiri di domisili masing-masing mahasiswa yang bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Langkah awal dari kegiatan KKN adalah melakukan perizinan dan observasi dengan pihak RT 002/RW 002 Kelurahan Palmerah Jakarta Barat dan ditemukan banyak keluarga yang belum paham mengenai manajemen keuangan rumah tangga. Tidak mudah mengatur keuangan rumah tangga karena manusia memiliki kebutuhan hidup yang membutuhkan anggaran cukup besar terutama jika sudah menikah dan punya anak.

Pelaksanaan program pertama yang dilakukan dengan membagikan booklet tentang ‘Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga’ kepada warga RT 002/RW 002 Kelurahan Palmerah Jakarta Barat pada hari Senin, 20 Juli 2020 mendapatkan respon yang baik. Program ini dirancang untuk membantu banyaknya keluarga yang secara ekonomi cukup terdampak dengan adanya pandemi covid-19 ini. Kondisi perekonomian yang terus menurun membuat banyak orang harus mulai berpikir ulang terhadap pengelolaan keuangan. Salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat adalah dengan memberikan booklet yang informatif tentang mengelola keuangan untuk menghadapi situasi ekonomi saat ini.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN, Kinara Ayyusheila berisikan informasi mengenai tips mengelola keuangan di keadaan ekonomi yang sedang terpuruk saat ini dan juga di masa depan termasuk juga info mengenai hidup hemat. Diharapkan dengan adanya program kerja pertama KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2020 dapat membantu dan memberi manfaat kepada warga sekitar dalam mengelola keuangan rumah tangganya.

Lingkungan Kegiatan KKN
Pembagian Booklet Kepada Warga RT 002/RW 002 Kelurahan Palmerah Jakarta Barat

Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.