Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi demi Memutus Rantai Penularan Covid-19

Semarang (19/7), di tengah pandemi Covid-19, Universitas Diponegoro tetap mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun, terdapat penyesuaian dalam pelaksanaan KKN ini. Mahasiswa melaksanakan kegiatan di tempat tinggal masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Pembimbingan kegiatan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dilakukan secara daring. KKN yang berlangsung sejak 5 Juli 2020 ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”.

Kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19 wajib dibangun. Untuk itu, mahasiswa Undip berencana melakukan sosialisasi Covid-19 dengan menggunakan media booklet di RW X, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Booklet ini berisi materi mengenai pengertian Covid-19, gejala Covid-19, data Covid-19, pencegahan Covid-19, pentingnya mencuci tangan, cara penggunaan masker yang tepat, etika batuk, pemeriksaan ke dokter, dan prosedur karantina diri.

Kunjungan ke Ketua RW X, Kelurahan Pedalangan

Mahasiswa juga telah meminta izin dan berdiskusi dengan Kepala RW X, Kelurahan Pedalangan. “Warga lingkungan RW X wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selain itu tamu dari luar wilayah yang hendak bermalam di RW X wajib menunjukkan hasil rapid test”, kata Bapak Suseno, Kepala RW X. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan kewaspadaan masyarakat demi memutus rantai penularan Covid-19.

Oleh: Ericko Hartanto (Pendidikan Dokter/22010117120075)