SUPLEMEN KESEHATAN MAUPUN PEMANFAATAN HERBAL SEBAGAI JAWABAN MENGURANGI KERESAHAN WARGA DI ERA PANDEMI COVID-19

Setrayasa, Cirebon (21/7), Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020 membuat program penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat mengenai menjaga sistem kekebalan tubuh di era pandemi Covid-19 dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan maupun pemanfaatan herbal kepada warga setrayasa, kelurahan sukapura, RT 005 melalui video yang dibagikan melalui grup Whatsapp ibu-ibu RT 005 setrayasa.

Pembawaan program penyuluhan ini dikarenakan pada tanggal 4 Juli 2020, komplek Setrayasa mendapatkan satu warga yang positif Covid-19. Pemerintah Kota Cirebon kemudian melakukan Rapid Test secara massal di beberapa titik di Kota Cirebon termasuk di komplek Setrayasa, hasil diperoleh bahwa semua warga setrayasa yang mengikuti Rapid test dikatakan negatif Covid-19. Hasil pengamatan terhadap warga, warga setrayasa masih merasakan keresahan walaupun hasil didapatkan semua negatif Covid-19.

Ikut Berpartisipasi dalam Berjalannya Rapid Test

Salah satu cara mengurangi keresahan dan sebagai upaya pencegahan Covid-19 dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menjaga sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti makanan yang mengandung vitamin, mineral dan probiotik. Nutrisi yang didapatkan selain dari makanan seperti buah, sayuran, daging hewan, minuman probiotik dll, nutrisi dapat juga diperoleh dengan bentuk suplemen kesehatan (vit C, vit D, vit E, zink, selenium dan probiotik). Menjaga sistem kekebalan tubuh selain berupa suplemen kesehatan dapat juga memanfaatkan bahan-bahan herbal seperti jahe, kunyit, temulawak, sambiloto, daun jambu dan meniran dengan cara pengolahan yang sangat mudah dan bahan-bahan yang mudah diperoleh.

Video Materi Program

Program dilaksanakan pada Senin, 20 Juli 2020 secara online dengan media penyampaian berupa video yang disebarkan melalui grup Whatsapp ibu-ibu RT 005 setrayasa dan dilakukannya diskusi, tampak beberapa ibu-ibu berpartisipasi dan antusias dengan bertanya beberapa pertanyaan mengenai penggunaan suplemen kesahatan maupun pemanfaatan herbal yang dianjurkan.

Pelaksanaan Program Melalui Grup Whatsapp

Penulis                         : Hasna Fairuz Rahmahdani/ Farmasi/ Fak. Kedokteran

Editor    : Arwinda Nugraheni

Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Cirebon Jawa Barat