Belajar Matematika Secara Online Membuat Siswa SD Stress?Mahasiswa UNDIP Lakukan Sosialisasi Edukasi Matematika Secara Door To Door Kepada Siswa SD
Bekasi (23/7/2020) Peningkatan pendidikan bagi masyarakat Indonesia akan memacu pencapaian terhadap tujuan dan sasaran lainnya dalam tujuh belas poin SDGs, terutama untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia.
Pada masa pandemik Covid-19 agar siswa tetap mendapatkan pendidikan terutama dalam pendidikan formal maka pemerintah mengeluarkan kebijakan siswa belajar dari rumah.
Pada kenyataannya, berdasarkan hasil survey di lokasi RT01/RW13 Kel.Jatiasih Kec.Jatiasih, banyak siswa sekolah dasar mengeluhkan tentang sulitnya belajar matematika di masa pandemik Covid-19. Maka dari itu diperlukan pengajar atau sebuah inovasi dalam pembelajaran yang dapat merubah persepsi anak dalam mempelajari matematika ditengah pandemik seperti sekarang.
Selasa (6/7/2020), Ibu Siti Rohmah orangtua dari salah satu anak sekolah dasar mengeluh kebingungan karena anaknya susah untuk disuruh belajar dan kesulitan memahami materi matematika yang diberikan di sekolah. Siti juga mengeluh karena melihat anaknya lebih sering bermain dibandingkan dengan belajar dirumah.

Pada kegiatan KKN kali ini, dengan mengimplementasikan point 4 Sustainable and Development Goals yaitu Quality Education maka Anisa Dewi Febriyanti, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro yang dibimbing oleh Dr. Aminah, S.H., M.Si., Melakukan inisiatif untuk melakukan sosialisasi edukasi matematika untuk siswa sekolah dasar,
dimana Sosialisasi yang dilakukan mencakup mengajar matematika secara door to door kepada siswa sekolah dasar di lingkungan RT01/RW13 ,Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih,Kota Bekasi, memberikan modul soal yang mudah dipahami sebagai penunjang belajar, dan memberikan alat peraga matematika “Batang Napier” sebagai inovasi pembelajaran baru untuk meningkatkan minat anak(SD) dalam belajar matematika.
Sosialisasi yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan pendidikan yang berkualitas dan setara untuk seluruh para peserta didik. Memberikan Modul Matematika secara hardfile dan softfile diharapkan dapat menjadi bahan tambahan untuk belajar dan berlatih mengerjakan soal matematika guna meningkatkan kualitas belajar dirumah pada di masa pandemik.
Memberikan alat peraga matematika “Batang Napier” diharapkan dapat membantu dan mempermudah anak-anak SD yang kesulitan dalam memahami Matematika, terutama dalam menghitung perkalian puluhan, ratusan, bahkan ribuan secara muda. Sosialisasi edukasi matematika juga diharapkan dapat membuat anak SD memandang bahwa belajar matematika itu mudah dan menyenangkan, sehingga tantangan yang dihadapi terkait dengan adaptasi baru terhadap sistem pembelajaran menjadi suatu situasi yang mampu dikendalikan oleh siswa, serta mampu membantu para orang tua siswa/i yang kebinggungan karena anaknya sulit memahami materi mata pelajaran matematika.
Walaupun #DirumahSaja, namun pembelajaran matematika harus tetap berjalan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan dengan bersih. #StaySafe #StayHealty and #StayAtHome.
Penulis : Anisa Dewi Febriyanti