MEMBANGUN HARMONI DENGAN MASYARAKAT

IMG_1499

Desa  Wonoyoso terkenal sebaga desa Home Industry  yang memiliki iklim masyarakat yang kompetitif namun tetap selaras dan harmonis dalam memajukan Desa Wonoyoso.

Untuk mewujudkan misi kami yaitu membangun harmoni dengan masyarakat Wonoyoso, kami melakukan program pemberdayaan masyarakat. Kami mengunjungi rumah-rumah warga yang memiliki usaha kecil menengah. Berdasarkan kunjungan – kunjungan tersebut, kami mendapatkan kesimpulan bahwasanya Desa Wonoyoso memiliki UMKM dalam berbagai bidang, seperti meubel, kerajinan, makanan dan lain sebagainya. Sehingga tidak salah jika Wonoyoso dikatakan sebagai desa Home Industry. Di dalam kunjungan tersebut kita juga memberikan edukasi bagaimana mengolah limbah sisa industri dan mengolah limbah diapers.

Reportase Proker_170129_0002

Anak – anak tidak hanya minta diajari materi akademis, namun juga non-akademis seperti latihan voli, latihan lari sprint, latihan catur, maupun latihan badminton. Kegiatan tersebut dilakukan untuk persiapan lomba pada bulan Februari. Latihan voli diadakan setiap hari Jumat pagi di Lapangan Voli Dusun Krajan dan latihan badminton diadakan di lapangan badminton Balai Desa Wonoyoso.

Latihan voli dimulai dari latihan dasar seperti passing, service, smash, receive. Kemudian dilanjutkan dengan latihan pertandingan, yaitu tim KKN melawan tim anak – anak yang akan mengikuti lomba. Kegiatan ini selain menambah keterampilan anak anak, juga menambah kedekatan kami terhadap masyarakat Wonoyoso.

1

Interaksi kami dengan anak-anak juga semakin dekat karena beberapa program dilaksanakan dengan keterlibatan mereka. Salah satu program tersebut adalah program “Menabung Pangkal Kaya”. Program tersebut dilaksanakan di SD Wonoyoso pada tanggal 21 Januari 2017. Kegiatan ini berlangsung sangat menyenangkan dan banyak anak – anak antusias dalam mengikutinya. Bahkan ada yang akan langsung memulai untuk melakukan aksi menabung. Untuk mendorong kebiasaan baik tersebut, kami juga menyerahkan celengan kepada anak-anak. Ketersediaan celengan di rumah masing-masing diharapkan membuat mereka menabung dengan penuh kesadaran

2