#X Membangun Strategi Pemasaran Produk untuk Memperoleh Keuntungan Maksimal di Desa Gentan X-34-B-3#
Gentan, Susukan (22/7) – Tema yang diusung dalam kegiatan KKN oleh Tim II KKN UNDIP di Desa Gentan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang adalah Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). Sehubungan dengan hal tersebut, mahasiswa Universitas Diponegoro yaitu Umi Nur Fadhilah melakukan pengajaran Analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Place, Price, and Promotion) untuk mengoptimalkan Pemasaran Produk-Produk Desa Gentan.
Setelah dilakukan survey dan hasil wawancara dengan masyarakat Desa Gentan, pelaku UMKM Desa Gentan belum memiliki segmentasi dan target pasar serta strategi yang jelas dalam memasarkan produk-produknya. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan pemasaran produk-produk Desa Gentan dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh diadakan pengajaran bagaimana menganalisis kondisi pasar secara tepat disertai strategi pemasaran yang tepat pula. Selain itu, program pengajaran ini bisa dijadikan modal dan pembelajaran untuk masyarakat Desa Gentan ketika ingin memulai usaha untuk memanfaatkan waktu selama terjadinya pendemi Covid-19 ini.
Untuk menindaklanjuti kegiatan sebelumnya yaitu pencarian literasi dan pengkajian terkait Analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Place, Price, and Promotion), hasilnya akan dijadikan sebagai sumber untuk membuat modul pembelajaran serta poster yang digunakan sebagai media pembelajaran kepada masyarakat di Desa Gentan. Pada Minggu ke-3 pelaksanaan kegiatan KKN di Desa Gentan mahasiswa tersebut membuat desain poster dan modul pembelajaran yang menarik agar masyarakat dapat lebih tertarik dan memahami edukasi yang nantinya akan diberikan oleh mahasiswa KKN tersebut.
Rencananya, eksekusi kegiatan ini akan dilakukan di Minggu ke-4 pelaksanaan KKN setelah semua persiapan selesai dilakukan. Dengan adanya pelaksanaan pengajaran bagaimana menganalisis kondisi pasar secara tepat disertai strategi pemasaran yang tepat diharapkan dapat mengoptimalkan pemasaran produk-produk Desa Gentan dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh oleh pelaku UMKM yang ada di Desa Gentan.