#X Menjaga Bumi Saat Pandemi, Pembuatan dan Pemasangan Biopori di RT 03 RW 03 BulusanX-39-A-3#

Semarang, Bulusan (24/07/2020)-PANDEMI covid-19 yang tengah melanda sebagian besar dunia, termasuk Indonesia dan memaksa orang untuk lebih banyak di rumah. Sejatinya tidak harus menghilangkan rasa peduli lingkungan.

Sekelompok mahasiswa KKN UNDIP TIM II telah merencanakan dan melaksanakan program kerja Biopori di RT 03 RW 03 Kelurahan Bulusan. Program ini direncanakan pada tanggal 05 Juli dan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli, adapun kegiatan yang dilakukan adalah meliputi diskusi dengan pak lurah, pak rt dan perangkat desa lainnya. Kemudian dilakukan survey lapangan untuk menentukan titik lokasi pemasangan biopori, selanjutnya pembolongan pipa pvc biopori dan pengeboran tanah ( dengan diameter pipa 10 cm dan kedalaman lubang 1 m)

Dari diskusi yang diperoleh, lubang resapan biopori direncanakan 4 titik disekitar jalan tikus yang menghubungkan rt 02 dengan rt 03. Perangkat desa dan warga saling koordinasi melakukan kegiatan pengeboran dan pemasangan, pada 1 titik lubang banyak terdapat batuan-batuan yang sedikit mengganggu aktivitas pengeboran.

Dengan dipasangnya lubang resapan biopori diharapkan genangan air yang sering terjadi bisa berkurang.