Hadapi Masa New Normal, Mahasiswa KKN UNDIP Gaet Ibu PKK Berwirausaha melalui Kegiatan Diversifikasi Hasil Perikanan

Muntilan, Magelang 20/7/2020 – Pandemi Covid-19 saat ini masih merebak hampir di seluruh Negara, tak terkecuali Indonesia. Berbagai aspek kehidupan terdampak oleh adanya pandemi ini. Sektor yang mengalami dampak paling besar selama berlangsunya pandemi adalah sektor ekonomi. Kegiatan ekonomi di Indonesi sempat terhambat sebagai akibat diberlakukannya PSBB dan pemberhentian sementara di beberapa sektor industri sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus Covid-19. UKM pun tak terhindarkan dari dampak pembatasan sejumlah aktivitas ini.

Di masa new normal sekarang ini, beberapa sektor industri sudah mulai dibuka kembali dan perlahan meningkatkan kegiatan perekonomian walaupun belum pulih seutuhnya. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN UNDIP dengan mengajak ibu-ibu PKK Kelurahan Muntilan untuk memanfaatkan potensi perikanan darat yang ada di Muntilan melalui kegiatan seminar dan pelatihan diversifikasi hasil perikanan. Kegiatan ini disambut hangat oleh Lurah Muntilan dan ibu PKK Kelurahan Muntilan. Menurut Sularko, Lurah Muntilan, wilayah Muntilan sebenarnya memiliki potensi perikanan darat yang cukup baik, namun belum sepenuhnya dikembangkan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan baru terutama bagi ibu PKK.

Seminar dan pelatihan diversifikasi hasil perikanan dilakukan secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sebagai salah satu bentuk pencegahan penularan virus Covid-19. Kegiatan yang bertempat di Aula Kelurahan Muntilan ini dilakukan dengan serangkain prosedur seperti pengecekan suhu tubuh, pemberian jarak tempat duduk tiap peserta, pembatasan jumlah peserta, penggunaan masker serta penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah acara dilakukan.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 orang ibu PKK dari 12 RW atau lingkungan di Kelurahan Muntilan yang terbagi dalam 2 sesi kegiatan secara bergantian. Materi seminar yang disampaikan berupa diversifikasi hasil perikanan dan pengembangan produk perikanan dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan nugget ikan Nila. Bukan tanpa alasan ikan Nila sebagai bahan baku utama dalam pembuatan nugget karena ikan inilah yang sebagian besar dibudidayakan oleh pembudidaya di Muntilan. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan ibu PKK sehingga ke depannya dapat mengoptimalkan potensi yang ada melalui pemanfaatan komoditas perikanan menjadi produk bernilai ekonomis tinggi dan dapat mendongkrak UKM pengolahan hasil perikanan di Muntilan.

Author : Aldila Wulan Yuniar (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/26060117140024)

Editor : dr. Farmaditya Eka Putra, M. Si, Ph. D