Kasus Positif COVID-19 di Bekasi Semakin Melonjak, Mahasiswi Undip Ajak Warga RT 09 untuk Lebih Higenis

Mahasiswi Undip Membantu Anak-anak dalam Menggunakan Sarana

Bekasi (25/07), Sejak Bulan Maret 2020, Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah menyebar diberbagai daerah dengan kasus positif yang semakin melonjak, khususnya pada Kota Bekasi. Kota Bekasi sudah di klaim sebagai zona merah karena daerahnya yang sangat dekat dengan Ibukota dimana Ibukota memiliki kasus positif terbanyak se-Indonesia. Namun sangat disayangkan sekali, semakin tingginya angka kasus positif justru membuat warga Kota Bekasi semakin “bodo amat”. Sudah banyak sekali warga yang bekerja, jalan-jalan ke Mall, nongkrong di kafe bersama teman-teman, berolahraga di luar rumah, dan juga anak-anak yang sudah berani untuk bermain bersama teman-temannya diluar rumah

Sehubungan dengan KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2020 yang memiliki konsep berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu KKN Pulang Kampung dengan melakukan program secara mandiri di lingkungan tempat tinggalnya dan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutab (SDG’s)”, Martha (21), salah satu mahasiswa dari Unversitas Diponegoro mengajak warga Perumahan Prima Harapan Regency RT 09 RW 12 untuk selalu menjaga kebersihan diri saat melakukan kegiatan di lingkungan RT 09.

Alat Sterilisasi berupa Air Bersih dan Sabun

Mahasiswa Undip ini menyediakan sarana sterilisasi diri berupa ember berisi air bersih dan sabun cair yang tertempel poster ajakan cuci tangan di beberapa titik lokasi di RT 09. Beberapa titik lokasi tersebut yaitu di Toko Aulia (satu-satunya toko kelontong di RT 09 yang ramai dikunjungi warga), Tukang Sayur Ucok (satu-satunya tukang sayur di RT 09 yang ramai dikunjungi warga) , dan di depan salah satu rumah warga yang jalanan depannya sering digunakan untuk anak-anak bermain dan ibu-ibu berolahraga. Khusus untuk anak-anak, sebelum mereka mencuci tangan, Martha juga mengajarkan cara menggunakan sabun dan menggosok tangan yang benar agar bersih. Martha berharap agar warga RT 09 tetap higenis dengan selalu menjaga kebersihan diri masing-masing dan kegiatan ini dapat terus berkelanjutan.

Oleh : Martha Adelia Kurniasari

Editor : Yuni Dwi Hastuti