Visualisasi Data Kelurahan untuk Pemahaman Kondisi dan Realita di Masyarakat

Boyolali(23/7) – Kuliah Kerja Nyata Tim II Undip 2020, per tanggal 5 Juli 2020 mulai melaksanakan pengabdiannya dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada masa pandemi Covid19 ini, mahasiswa melaksanakan KKN di domisili masing-masing. Pravisinnisa Quratul Aini yang merupakan mahasiswa jurusan Statistika 2017 melaksanakan KKN di Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Salah satu program yang diajukan yaitu “Visualisasi Data Banaran yang Informatif.”

Visualisasi data merupakan cara untuk mengkomunikasikan informasi secara lebih jelas dan menarik melalui beragam sajian seperti tabel dan grafik. Hal ini bertujuan agar banyak orang dapat memahami data dengan cepat dan tepat ketika ditampilkan dengan visual. Menurut Friedman (2008), “tujuan utama dari visualisasi data adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efektif dengan cara grafis. Peranan visualisasi data ini sangatlah penting karena menurut penelitian, orang mengingat 80% dari apa yang mereka lihat, tapi cuma 20% dari apa yang mereka baca. Otak kita dapat mengingat gambar jutaan kali lebih cepat daripada kata.

Pengumpulan data dan informasi serta Pembuatan visualisasi data kelurahan.

Memahami pentingnya visualisasi data, dalam perwujudan program tersebut, perlu dilakukan pengumpulan data dan informasi dari perangkat kelurahan hingga survei ke masyarakat. Data yang terkumpul kemudian diolah menjadi sajian data yang jelas dan efektif agar mudah dipahami oleh seluruh elemen warga Banaran. Harapannya dengan adanya visualisasi data ini, perangkat kelurahan dan masyarakat Banaran paham kondisi akan lingkungannya sendiri.

Selama keberjalanannya, program ini disambut baik oleh perangkat kelurahan dan masyarakat. Lurah Banaran, Pak Fajar mendukung ketersediaan data untuk kemudian diolah dan disajikan lebih menarik serta informatif demi kebermanfaatan warga Banaran.

Oleh: Pravisinnisa Quratul Aini (Statistika/2017)

Editor: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.