*Menjelang Idul Adha di Tengah Masa Pandemi, Mahasiswa Universitas Diponegoro Mengajak Pengurus Masjid untuk Mempersiapkan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Jepara, Jawa Tengah (11/7) – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro bersama Pemerintah Desa Margoyoso melakukan sosialisasi dalam persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Tengah Masa Pandemi Covid-19 kepada pengurus masjid. Cepatnya penyebaran infeksi Covid-19 di Jawa Tengah membuat munculnya aturan mengenai sejumlah pembatasan sosial. Kabupaten Jepara menduduki posisi kedua dengan jumlah 626 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Jawa Tengah per 11 Juli 2020, hal ini membuat sebagian besar masyarakat Jepara resah, tak terkecuali di Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan. Menjelang Hari Raya Idul Adha di Tengah Masa Pandemi, mahasiswa KKN Undip melakukan persiapan pelaksanaan Idul Adha dengan memberikan usulan kepada kepala desa Margoyoso. Diantaranya :

  1. Seluruh panitia kurban wajib diukur suhu tubuh sebelum melakukan kegiatan penanganan kurban.
  2. Pembagian daging kurban dibagi kelompok (Berdasarkan jam dan wilayah, yang berikan jeda waktu).
  3. Panitia kurban wajib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun.
  4. Diwajibkan memakai masker (baik panitia maupun pengambil daging kurban).
  5. Semua proses berjalannya kegiatan penanganan kurban wajib mengikuti protokol kesehatan.
Gambar 1. Pelaksanaan Sosialisasi Program Kerja I bersama Pemerintah Desa Margoyoso

Setelah usulan tersebut disetujui oleh Kepala Desa Margoyoso, usulan tersebut disampaikan oleh Mahasiswa KKN Undip kepada Pengurus Masjid di Desa Margoyoso melalui sosialisasi yang bersamaan dengan kegiatan pemerintah desa di Balai Desa pada sabtu malam, (11/07/2020). Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa menyampaikan status kondisi Desa Margoyoso, langkah-langkah pencegahan terinfeksi Covid-19, sikap yang baik ketika terdapat tetangga yang terkonfirmasi positif dan mengingatkan mengenai tata cara beribadah di masjid selama Masa Pandemi Covid-19.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan pengurus masjid dapat melakukan persiapan yang matang sebelum adanya pelaksanaan Hari Raya Idul Adha sehingga tidak memunculkan klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di Desa Margoyoso.

Referensi :

Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Jepara. (2020). Monitoring data Covid-19. Jepara; Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara

Tanggap Covid-19 Provinsi Jawa Tengah. (2020). Sebaran Kasus Covid-19 di Jawa Tengah. Semarang; Pemerintah Jawa Tengah

Oleh : Farizqa Nadila Sofiana

Dosen Pembimbing : Ir. Hermin Werdaningsih, MT