KEREN!! Mahasiswa UNDIP Lakukan Edukasi “ITAGULA” Guna Kenali Potensi Desa Widarapayung Wetan

Cilacap (24/07/2020) –  Masih kurangnya informasi mengenai tata guna lahan di Desa Widarapayung Wetan yang akan memberikan informasi geospasial desa mengenai perencanaan penggunaan lahan dalam suatu kawasan kepada pengunjung yang datang ke Desa Widarapayung Wetan maupun masyarakat tentang penggunaan lahan yang ada. Pemetaan adalah kegiatan dalam pembuatan gambaran permukaan bumi yang diproyeksikan ke dalam bidang datar dengan skala tertentu. Melalui tata guna lahan pembagian wilayah disesuaikaan dengan fungsinya seperti pemukiman, persawahan dan juga laut. Hal ini guna mendukung program SDG’s bidang kota dan pemukiman yang berkelanjutan. Berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa/Kelurahan menegaskan bahwa desa/kelurahan harus bisa mengembangkan desa/kelurahan secara mandiri. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan desa/kelurahan adalah mengenali profil desa/kelurahan. Pembuatan profil desa berupa peta mengenai infografis tata guna lahan yang akan memberikan informasi geospasial desa mengenai perencanaan penggunaan lahan dalam suatu kawasan kepada pengunjung yang datang ke Desa Widarapayung Wetan maupun masyarakat tentang penggunaan lahan yang ada.

Penjelasan dan foto bersama karang taruna Desa Widarapayung Wetan

Berdasarkan kebutuhan pengembangan Desa Widarapayung Wetan sebagai desa inovasi dan potensi wisata yang besar, maka mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang (Meli Ayu Pangestika) dengan program studi Ilmu Kelautan yang tengah melaksanakan program KKN Pulang Kampung berinisiatif melakukan program pemetaan tata guna lahan di Desa Widarapayung. Pembuatan peta “ITAGULA” infografis tata guna lahan dilakukan dengan memanfaatkan software ArcGIS. Data yang dibutuhkan untuk melakukan pemetaan tata guna lahan adalah data Desa Widarapayung Wetan dan data Peta Rupa Bumi Indonesia tahun 2020. Data didapatkaan dari survey langsung wilayah Desa Widarapayung dan juga dari data internet yang kredibel. Peta tata guna lahan ini nantinya merepresentasikan penggunaan lahan yang terdapat di wilayah.

Penyerahan output Program Kerja “ITAGULA”

Hasi pemetaan dan edukasi yang dilakukan terhadap karang taruna menunjukkan meningkatnya pemahaman masyarakat khususnya karang taruna dan perangkat Desa Widarapayung Wetan akan potensi wilayah serta bagaimana pemetaan dapat dilakukan. Kegiatan yang dilakukan di Pantai Widarapayung Wetan ini menuai tanggapan yang positif dari peserta karang taruna dan juga perangkat desa. “Infografis nantinya diletakkan di balai desa dan berguna sebagai arsip desa dan berkaitan dengan potensi Desa Widarapayung yang umumnya kuat di bidang pariwisata dan juga sawah dan agriladang.”- ucapMeli saat melakukan penyerahan infografis kepada Sekretris Desa Widarapayung Wetan. Adanya edukasi mengenai ITAGULA ini diharapkan nantinya desa dapat mengembangkan potensinya dan memanfaatkaan lahan dengan baik guna menunjang perekonomian masyarakaat serta membantu mewujudkan program SDG’s dalam bidang kota dan pemukiman yang berkelanjutan.

Penulis          : Meli Ayu Pangestika (FPIK 2017)

Editor             : Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.