Mahasiswa KKN Undip Hidupkan lagi Posyandu

Kab. Tangerang (29/7), Posyandu cahaya 04 ini mulai menggeliat lagi setelah sempat vakum karena pandemi Covid. Kegiatan rutin bulananpun harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan. Namun, masyarakat belum sepenuhnya memahami  berkegiatan di era new normal ini. Penyuluhan terkait arti penting pemantauan tumbuh kembang anak, perilaku hidup bersih dan sehat, serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan terus dilakukan. Dyah Puspitasari (22), mahasiswa KKN Undip bersama kader Posyandu Cahaya 04 menyusun strategi penyuluhan di masa pandemi ini dengan membuat buku saku terkait pentingnya pemberian ASI Eksklusif dan penimbangan balita setiap bulan. Materi Buku Saku ini didukung oleh Puskesmas Kutabumi. Buku saku ini diberikan secara gratis kepada warga sasaran di lingkungan RW. 04 Kel. Kutabaru, Kec. Pasarkemis, Kab. Tangerang. Dyah, Penanggung Jawab dalam pembuatan buku saku ini berharap  bisa menumbuhkan perilaku hidup sehat masyarakat dan desain buku yang menarik diharapkan dapat menggugah untuk membacanya.

Kegiatan penyuluhan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yaitu dengan  metode door to door atau dengan mendatangi perumah, dan memberikan buku saku bersama dengan kader posyandu cahaya 04. Buku saku ini memuat informasi terkait pentingnya pemberian ASI eksklusif dan penimbangan balita setiap bulan. Tata cara pemberian ASI oleh  Ibu yang bekerja, memuat artikel terkait manfaat ASI dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, dan kebutuhan nutrisi yang diperlukan bagi ibu saat menyusui. Selain pemberian buku saku, saat penyuluhan nanti juga akan dilakukan edukasi terkait bagaimana pergi ke pelayanan fasilitas kesehatan di masa pandemi ini dengan cara memberikan media seperti poster serta pemberian masker yang merupakan salah satu pencegahan covid-19.

Program Kegiatan ini juga sebagai wujud pengabdian masyarakat yang sesuai dengan SDGs sebagai indikator dalam keberhasilan pembangunan kesehatan untuk menciptakan dan melestarikan perilaku hidup sehat masyarakat. Pelaksanaan ini tidak hanya dilaksanakan pada jadwal KKN saja, tetapi dengan harapan penyuluhan seperti ini dapat berjalan seterusnya dan dilakukan secara berlanjut demi menciptakan gerakan hidup sehat.

Penulis: Dyah Puspitasari

Editor: Dr. Khairul Anam, S.Si. M.Si