Menghadapi Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Edukasi Cara Adaptasi Kebiasaan Baru

Jakarta (20/07/2020) – Di tengah pandemic Covid-19, Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Berbeda dari tahun tahun sebelumnya, KKN tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan di kampung masing masing mahasiswa.

Salah satu peserta KKN melakukan observasi di Perumahan Prim Kopti, yang terletak di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Peserta melakukan koordinasi dan meminta izin pada Ketua RT 02 dan juga melakukan survei lapangan untuk melihat apa yang dibutuhkan oleh warga sekitar. Dari hasil observasi, masih banyak warga yang melanggar protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Selain itu, kurangnya informasi yang terdapat di sekitar wilayah tempat tinggalnya.

Koordinasi dan diskusi dengan Ketua RT 02

Dengan pertimbangan tersebut, peserta KKN Undip memutuskan untuk melakukan edukasi pada warga yang tinggal di Perumahan Prim Kopti. Sosialisasi bertajuk “Adaptasi dengan Kebiasaan-Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi Covid-19”, dan berkaitan dengan informasi mengenai Covid-19 dan cara-cara yang dapat dilakukan oleh warga untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ditengah pandemik ini. Agar tetap mematuhi anjuran pemerintah mengenai physical distancing, edukasi dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga RT 02, door-to-door sehingga warga tidak berkumpul dalam satu tempat.

Edukasi tentang Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi

Dalam melakukan edukasi, media buku saku akan digunakan untuk memberikan informasi yang telah dikumpulkan agar warga dapat selalu mengingat materi yang telah diberikan. Dengan begitu, diharapkan warga dapat membaca informasi tersebut secara seksama dan pocket book dapat dibawa kemana saja sehingga warga dapat selalu mengingat informasi yang sudah diberikan dan dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemik Covid-19.

Oleh: Aulia Putri Nugrahani

Editor: Dr Sunarno., S.Si.,M.Si