KKN Undip Ajak Remaja Lebih Berprestasi

PICT 1

Bangsri, Jepara—Membangun desa biasanya identik dengan penyediaan sarana dan pra sarana. Padahal, selain pembangunan fisik, memajukan desa perlu didukung dengan penguatan di bidang sosial. Untuk itu, Tim I KKN Undip 2017 mengupayakan edukasi dan pemberdayaan di bidang sosial khususnya di kalangan siswa/i MTs.

Salah satu program yang dijalankan yakni edukasi mengenai pernikahan dini dan literasi media pada Senin-Selasa (30-31/1) di MTs Miftahul Huda. Edukasi pernikahan dini dibutuhkan karena cukup tingginya pernikahan di umur yang terbilang sangat muda. Ketidaksiapan mental untuk berumah tangga dapat menjadi awal permasalahan lain, baik di sisi ekonomi keluarga maupun tingginya kematian ibu muda.

“Selain menghindari ketidaksiapan secara fisik maupun psikis, ada baiknya untuk mengisi masa muda dengan kegiatan yang lebih positif. Bila masih di bangku sekolah, kalian bisa mengejar lebih banyak prestasi,” papar Dinullah Akbar, salah satu anggota TIM I KKN Desa Kedungleper pada siswa/i MTs Miftahul Huda.

PICT 2

Sedangkan materi pernikahan dini, diberikan juga literasi media yang bertujuan mengedukasi serta memberdayakan siswa/i MTs untuk memahami dan menciptakan media yang baik, khususnya media di sekolah. Selain sebagai wadah komukasi antar warga sekolah, media sekolah juga diperlukan untuk mengembangkan minat bakat siswa/i. Sebagai hasilnya, siswa/i MTs Miftahul Huda mengupayakan revitalitasasi mading sekolah.