Home » Lokasi KKN » Kab. Kudus » Reportase Minggu I Desa Sidomulyo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Reportase Minggu I Desa Sidomulyo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Hari Ke-1

UPACARA PELEPASAN TIM II KKN UNDIP TAHUN 2016

 

Tembalang, 12/07/16. Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama SH, M.Hum melepas mahasiswa Tim II KKN Undip tahun 2016 di lapangan Widya Puraya Undip Tembalang. Pelepasan keberangkatan peserta KKN merupakan sebagai langkah awal mahasiswa diterjunkan langsung ke lapangan dan sebagai bentuk dukungan agar mahasiswa dapat menjalankan salah satu nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian terhadap masyarakat dengan baik dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah tempat mengabdi.

47000

Tim II KKN Undip tahun 2016 yang diterjunkan terdiri dari kurang lebih 2500 mahasiswa yang meliputi 7 kabupaten dengan 31 kecamatan yaitu Kab.Magelang, Kab.Temanggung, Kab.Semarang, Kab.Kudus, Kab.Pati, Kab.Jepara dan Kab.Pemalang. Sedangkan jumlah peserta KKN pada setiap desa berkisar antara 8-12 mahasiswa. Dosen Pembimbing KKN yang terlibat sebanyak 93 orang dan dosen koordinator kabupaten sebanyak 7 orang.

Setiap kelompok mahasiswa dalam satu desa wajib mengerjakan program multidisipliner sebanyak dua macam, dan masing-masing mahasiswa wajib membuat program monodisipliner sebanyak dua macam. Program multidisipliner adalah berupa penyuluhan dan analisis situasi tentang UMKM, sedangkan program multidisipliner alternatif lainnya adalah dan program –program pilihan lain seperti pemberdayaan wilayah, Eksplorasi, SDA dan konversi Lingkungan, pengembangan SDM, Penerapan teknologi tepat guna serta sosial kemasyarakatan.

46999

 

Hari ke-2

BONGKAR RUMAH BERSAMA WARGA DESA SIDOMULYO

20160714_073921

Rabu, 13/07/2016 TIM II KKN UNDIP desa Sidomulyo melaksanakan gotong royong bersama warga Desa Sidomulyo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Kegiatan gotong royong yang dilakukan adalah membantu membongkar atap rumah salah satu warga desa Sidomulyo  yang berada di RT  03 RW 01 untuk diganti dengan yang baru karena atap yang lama sudah dianggap tidak layak lagi untuk digunakan. Di Desa Sidomulyo warganya masih sangat memegang erat tradisi gotong royong dan saling membantu. Jadi, apabila di perkotaan memerlukan biaya untuk membayar tenaga kerja (kuli bangunan), lain halnya di Desa Sidomulyo. Mereka dengan senang hati dan ikhlas bergotong royong membantu pekerjaan tersebut dan sang pemilik rumah hanya cukup menyiapkan dan menyediakan makanan untuk para warga yang ikut bergotong royong.

20160714_073909

TRADISI KETUPATAN BULUSAN DALAM RANGKA SYAWALAN

20160713_084429

Pada tanggal 13 Juli 2016 TIM II KKN Undip 2016 diundang oleh Sekretaris Kecamatan Jekulo Sancaka Dwi Supani, S.Pd.,M.Pd.,M.Par untuk mengikuti acara bulusan yang diadakan di Desa Hadipolo, Kec. Jekulo. Setiap tanggal 8 Syawal, masyarakat di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rutin melaksanakan tradisi bulusan (diambil dari kata bulus yang artinya kura-kura air tawar). Perayaan Bulusan bagi warga sekitar dianggap sebagai kegiatan peringatan hari lahirnya (khaul) bulusyang menurut cerita bulus tersebut merupakan jelmaan dua orang manusia yang bernama Kumoro dan Komari murid Kyai Dudo.20160713_084525

Acara bulusan tersebut berlangsung dengan lancar karena terdapat penjagaan yang cukup ketat dari kepolisian. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, puncak dari acara tradisi bulusanyakni karnaval dan pertunjukan seni dari masing-masing sekolah di Kecamatan Jekulo.

20160713_082357

Dalam acara bulusan tersebut juga masing-masing desa dari 12 desa yang terdapat di kecamatan jekulo menampilkan potensi-potensi yang terdapat di desanya, untuk desa Sidomulyo menampilkan semangka, pepes lele, sate keong, dll.

20160713_202510

Pada malam harinya, terdapat pementasan wayang yang tidak kalah ramai dengan perayaan di siang hari. Dalam pagelaran wayang tersebut diceritakan asal usul adanya acara Bulusan.

 

Hari Ke-3

PENERIMAAN TIM II KKN UNDIP DI KECAMATAN JEKULO

20160714_112444

Upacara penerimaan TIM II KKN UNDIP di Kecamatan Jekulo dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Juli 2016 pukul 09.00 – 11.00 WIB di Aula kantor Kecamatan Jekulo. Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 97 mahasiswa KKN dari 12 desa dan dihadiri oleh Camat Jekulo Drs. Eko Djatmiko M. Si. dan Sekretaris Camat Sancaka Dwi Supani, S.Pd.,M.Pd.,M.Par serta dosen pembimbing lapangan Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr.Sc., Ph. D., Sartika Nanda Lestari SH, LLM dan Dr. Meiny Suzery, M.S.

Acara tersebut berjalan dengan lancar dan hikmat. Sambutan pertama dari koordinator kecamatan yaitu Fareed Aziiz, kemudian dilanjutkan sambutan dari dosen pembimbing lapangan Ir. Bambang Sulistiyanto, M. Agr.Sc., Ph.d. Beliau menghimbau agar mahasiswa KKN selalu menjaga diri dan menjaga nama baik almamater Undip. Upacara penerimaan ditutup dengan sambutan dari Camat Jekulo sekaligus penerimaan mahasiswa TIM II KKN UNDIP di kecamatan Jekulo.

Setelah upacara penerimaan selesai, sekretaris camat Sancaka Dwi Supani, S.Pd.,M.Pd.,M.Par menyampaikan beberapa hal, yaitu pengenalan visi dan misi kecamatan Jekulo dan pengenalan potensi 12 desa yang ada di kecamatan Jekulo. Dengan adanya penjelasan potensi dari masing-masing desa, diharapkan mahasiswa KKN mampu menjalankan program kerja baik multidisiplin maupun monodisiplin serta mampu mengembangkan potensi yag ada di desa tersebut.