EKONOMI HANYA TUMBUH 2,97% DI TENGAH PANDEMI COVID-19, MAHASISWA TIM II KKN UNDIP KENALKAN E-COMMERCE UNTUK TINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA ANGGOTA PKK KELURAHAN PONDOK KELAPA

PONDOK KELAPA, JAKARTA (20/7) – Pandemi COVID-19 yang menerpa berbagai negara turut medampak berbagai sektor yang berdiri di Indonesia, salah satunya adalah sektor perekonomian. Dilansir dari berbagai berita, ekonomi RI Kuartal I 2020 anjlok ke level 2,97%. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa Indonesia cukup terhantam keras dengan penyebaran virus Corona. Tidak hanya kesehatan manusia, COVID-19 juga mengganggu kesehatan ekonomi di seluruh dunia. Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam skenario terburuk bisa minus 0,4 persen. Akibat anjloknya ekonomi Indonesia, banyak sekali masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau di PHK massal dan mencari jalan keluar seperti berjualan, menyesuaikan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dilakukan di beberapa kota di Indonesia menyebabkan aktivitas jual-beli yang biasanya bertatapan langsung tidak dapat dilakukan.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Undip 2019/2020 melakukan sosialisasi pengenalan e-Commerce sebagai alternatif Direct Selling. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020 dalam bentuk pemaparan presentasi terhadap perwakilan anggota PKK Kelurahan Pondok Kelapa. Materi yang diberikan meliputi cara membuat akun dari dua jenis marketplace, alur penjualan, dan tips melakukan penjualan dengan sistem online. Sosialisasi pengenalan e-Commerce bertujuan untuk meningkatkan penjualan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 melalui media bantuan dari marketplace. Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penggunaan e-Commerce tentunya dapat mengakibatkan hambatan dalam proses jual-beli, terlebih lagi pemikiran bahwa pemanfaatan e-Commerce dianggap sulit dan memusingkan. Diharapkan setelah adanya sosialisasi ini, masyarakat di Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur dapat menggunakan e-Commerce dalam kegiatan perekonomian sehingga membantu menaikkan taraf hidup keluarga.

Kegiatan ini telah dilaksanakan dan dihadiri oleh perwakilan dari beberapa RW yang tergabung dalam PKK Kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pelaksanaan sosialisasi tentunya diadakan setelah dilakukan persetujuan antara berbagai pihak, yaitu Bapak Andri Kurniawan selaku Sekretaris Lurah dan Ibu Sari selaku Sekretaris PKK Pondok Kelapa. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan. (Fauzia Nisrina)

Editor : Dr. Sunarno, S.Si, M.Si