*Upaya Cegah Penularan Covid-19, Mahasiswa Undip Sosialisasikan Tata Cara Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Alami Kepada Warga Kauman Jepara

Kauman, Jepara (25/7) – Akhir-akhir ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jepara meningkat secara signifikan. Hal ini bisa terjadi salah satunya disebabkan oleh kurang pedulinya masyarakat dalam menjaga kebersihan, terutama kebersihan tangan. Masyarakat belum membiasakan budaya cuci tangan dengan rutin. Selain cuci tangan menggunakan air dan sabun, terdapat alternatif lain dalam menjaga kebersihan tangan yaitu dengan menggunakan hand sanitizer. Namun, keberadaan hand sanitizer di pasaran terbilang lumayan terbatas dan harganya kurang terjangkau. Hand sanitizer merupakan alternatif menjaga kebersihan tangan jika sedang di luar rumah atau berada jauh dengan tempat cuci tangan. Hal ini lah yang melatarbelakangi mahasiswa UNDIP memberikan sosialisasi terkait tata cara pembuatan hand sanitizer dengan bahan sederhana dan alami.

Kegiatan Sosialisasi dan Pembagian Produk Hand Sanitizer Berbahan Alami Beserta Pamflet Tata Cara Pembuatannya
Sumber: Dokumentasi Penulis

Program sosialisasi tentang tata cara pembuatan hand sanitizer berbahan alami dilaksanakan oleh Hadyan Yusrannastar I. (23) mahasiswa Teknik Lingkungan UNDIP yang sedang menjalankan KKN di lingkungan RT 02 RW 03 Kelurahan Kauman, Jepara. Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai dari hari Rabu (22/7) sampai dengan hari Kamis (23/7). Sosialisasi ditujukan untuk warga sekitar lingkungan RT 02 RW 03 Kelurahan Kauman dengan cara mengunjungi satu per satu rumah warga atau yang lebih dikenal dengan istilah door to door untuk menghindari kerumunan. Media yang digunakan untuk sosialisasi adalah pamflet yang telah dicetak sebelumnya dan berisi tata cara pembuatan hand sanitizer dan disinfektan dengan bahan alami. Pada pamflet tersebut juga terdapat tata cara pembuatan hand sanitizer dan disinfektan yang sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO). Sosialisasi diawali dengan penjelasan pentingnya menjaga kebersihan tangan di masa pandemi seperti sekarang ini, lalu dilanjutkan dengan penjelasan satu per satu tata cara yang terdapat dalam pamflet disertai dengan rujukan yang digunakan. Bu Tri, salah satu warga yang menerima sosialisasi, mengungkapkan beliau terbantu dengan adanya informasi ini dan mudah diterapkan di kemudian hari.

Disamping menjelaskan tata cara pembuatan dengan memberikan pamflet kepada warga, mahasiswa UNDIP juga memberikan hand sanitizer buatan sendiri yang berbahan dasar lidah buaya kepada warga sebagai contoh produk yang telah disosialisasikan. Diharapkan dengan adanya program sosialisasi ini, warga sekitar mampu membuat sendiri hand sanitizer dan disinfektan dengan bahan alami dan juga mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan di masa pandemi.

Penulis: Hadyan Yusrannastar I. (Teknik Lingkungan)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. Hermin Werdiningsih, M.T.

Referensi :

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4959120/catat-ini-bahan-bahan-untuk-membuat-hand-sanitizer-menurut-who

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4944396/cara-membuat-hand-sanitizer-alami-mudah-dan-bahannya-gampang-didapat

https://www.mongabay.co.id/2020/03/31/penggunaan-tepat-disinfektan-alami-ampuh-tangkal-virus-corona/