MAHASISWA UNDIP BERIKAN PENYULUHAN TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 DENGAN BAGI-BAGI BUKU GRATIS

Kota Semarang, (29/07/2020), Di masa pandemi Covid-19 ini, Universitas Diponegoro tetap melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan KKN kali ini sangat berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya, yang mana tahun ini KKN dilaksanakan di kampung halaman sendiri dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Di RT 01/RW 07, Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Muhammad Rafif Priyambada sebagai mahasiswa KKN Tim II UNDIP Periode 2020 mengangkat program kerja pertama KKNnya yaitu “Penyuluhan tentang Bahaya Covid-19 kepada masyarakat”.

Di masa new normal ini, masyarakat sudah diberi sedikit kebebasan untuk beraktifitas di luar rumah, tak terkecuali keluar kota, yang mana hal tersebut dibatasi besar-besaran pada masa PSBB. Walaupun demikian, bukan berarti bahaya penularan Covid-19 sudah berakhir. Pemerintah tetap menghimabu untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang menyepelekan hal tersebut. Hal ini dibuktikan dengan menigkatnya kasus baru Covid-19 setiap harinya di Indonesia, yang bahkan sudah menembus angka 100.000 kasus. Oleh karena itu, betapa pentingnya pelaksanaan program kerja KKN ini agar masyarakat sadar dan tidak menyepelekan bahaya Covid-19 ini.

Dikarenakan tidak diperbolehkan adanya kerumunan, maka pelaksanaan program ini dilakukan secara door to door dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Penyuluhan dilakukan dengan membagikan modul dan menjelaskan isi modul tersebut yang berisi materi tentang pengetahuan umum tentang Covid-19 serta bahayanya dan cara pencegahannya. Pelaksana juga menerima pertanyaan apabila ada hal yang kurang jelas selama penyampaian materi tersebut.

Dengan dilaksanakannya program kerja “Penyuluhan tentang Bahaya Covid-19 kepada Masyarakat” diharapkan masyarakat RT 01 RW 07, Kelurahan Tinjomoyo sadar akan bahaya penyebaran Covid-19 dan betapa pentingnya untuk menjaga diri dan orang terdekat dari bahaya Covid-19 di masa new normal ini