EDUKASI MEMBUAT POSTER SECARA ONLINE UNTUK CEGAH PENYEBARAN COVID-19

Kota Semarang (01/08/2020) ‒ Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di Indonesia, Universitas Diponegoro (Undip) tetap melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN yang dilaksanakan pada 5 Juli ‒ 15 Agustus 2020 ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Kegiatan KKN Tim II Undip telah memasuki minggu ke-4 dan tetap dilakukan secara mandiri di kampung halaman masing-masing. RT 04 RW 09 Villa Krista Gedawang, Banyumanik merupakan salah satu lokasi pelaksanaan KKN mandiri.

Jumlah pasien positif dan angka kematian akibat COVID-19 terus bertambah. Salah satu antisipasi yang telah dilakukan warga untuk mencegah penularan disekitar RT 04 RW 09 Villa Krista Gedawang adalah dengan saling menyebar informasi mengenai COVID-19 melalui grup Whatsapp ibu-ibu RT 04 RW 09 Villa Krista Gedawang. Namun penyebaran informasi tersebut tidak berjalan secara efektif karena kurangnya respon diantara ibu-ibu dan cara penyampaian informasi yang hanya berisikan paragraf dan tidak menarik.

Oleh sebab itu, mahasiswi KKN Tim II Undip berinisiatif untuk melakukan sebuah program yang dinilai akan meningkatkan respon terhadap penyebaran informasi mengenai COVID-19. Yaitu dengan cara memberikan edukasi kepada ibu-ibu RT 04 RW 09 Villa Krista Gedawang mengenai pembuatan poster sederhana dengan tema COVID-19. Melalui poster, informasi yang disebarkan akan terlihat lebih menarik. Pelaksanaan edukasi pembuatan poster dilakukan sebanyak dua kali dan dilakukan secara daring. Edukasi pembuatan poster tersebut dilakukan dengan memanfaatkan perangkat lunak Canva, karena dapat digunakan melalui smartphone jenis apapun dan kinerjanya tidak “berat”. Dengan adanya program tersebut, diharapkan ibu-ibu dapat membuat poster sederhana. Sehingga informasi yang disebarkan lebih menarik dan respon ibu-ibu RT 04 RW 09 Villa Krista Gedawang terhadap penyebaran informasi mengenai COVID-19 dapat meningkat.

Pelaksanaan Edukasi Pembuatan Poster Bertema COVID-19

Author : Ines Adhisti

Editor: Dr. Ir. Suryanti, M.Pi