Sudah Siap New Normal? Patuhi Protokol!

Peganjaran, Bae, Kudus(20/07) Ada yang berbeda dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan Universitas Diponegoro pada tahun ini yang dimulai dari tanggal 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020. Saat ini KKN yang bertajuk “KKN Pulang Kampung” dilaksanakan di desa asal mahasiswa masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kondisi pandemi COVID-19 yang sedang terjadi. Sehubungan dengan hal tersebut, Bellinda, salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2020 melaksanakan program kerja berupa sosialisasi dan edukasi pencegahan COVID-19 yang menjelaskan mengenai protokol-protokol yang harus dipatuhi selama pandemi ini. Protokol-protokol ini harus dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat karena melihat kondisi saat ini, terutama anak-anak dan lansia memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi virus corona sehingga edukasi merupakan hal yang penting untuk meningkatan pengetahuan dan kewaspadaan orang tua dalam melindungi dari bahaya COVID-19.

Program sosialisasi edukasi dan pencegahan mengenai COVID-19 ini dilakukan melalui kunjungan ke rumah warga. Edukasi yang diberikan meliputi tanda dan gejala, cara pencegahan, tindakan yang dilakukan saat timbul gejala COVID-19, cara memakai masker yang benar, mengetahui etika batuk dan bersin yang benar, serta mempelajari cuci tangan pakai sabun yang benar sesuai dengan WHO. Untu mendukung kegiatan edukasi, mahasiswa memberikan media berbentuk booklet yang telah merangkum materi edukasi yang diberikan agar dapat dibaca sewaktu-waktu oleh anggota keluarga.

Tujuan dari program ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini. Pelaksanaan sosialisasi ini tentunya dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan yang berlaku pada masa COVID-19. Pihak masyarakat yang telah mengikuti sosialisasi memberikan respon yang baik pada saat kegiatan dilaksanakan. “Dengan dijalankannya program sosialisasi edukasi dan pencegahan terhadap COVID-19 ini, saya berharap agar kami sebagai warga dapat merealisasikan pengetahuan yang telah didapat dari sosialisasi ini sehingga dapat memutus rantai penularan virus corona” tutur Pak Yanto, salah satu warga.

Pemberian sosialisasi edukasi kepada warga masyarakat dari rumah ke rumah di wilayah RT06/RW03 Desa Peganjaran.

Oleh: Bellinda Putri Sabrina Birton

Editor: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.