#X Bangun Brand Image UKM di Desa Gentan X-36-B-4#

Gentan, Susukan (28/7). Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang besar dalam pembangunan ekonomi nasional dan merupakan motor penggerak pertumbuhan aktivitas ekonomi nasional. Produk-produk UKM memerlukan sentuhan brand image pada hasil produknya, agar dikenal secara luas, dan dapat membantu dalam strategi pemasaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi UKM “Ma’ War” yaitu dalam segi packaging yang masih polos, kurang menarik dan sederhana. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki pelaku usaha tersebut.

Produk kerupuk karak dari UKM “Ma” War”.

“Kemasan yang digunakan untuk kerupuk karak berupa plastik dan fotocopian merek, karena yang pesan juga warga sekitar saja dan kadang ada juga yang pesan tidak mau menggunakan merek” kata Ma’ War.

Dengan adanya permasalahan tersebut mahasiswi KKN tim II Universitas Diponegoro Fununul Fiqhi (FEB/IESP) membantu membangun brand image UKM ”Ma’ War” melalui desain merek dagang dan kemasan produk. Agar produk tersebut dapat memiliki brand image yang menarik dan baik di mata  konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk tersebut.