KKN SAAT PANDEMI, APA BISA?

Tegal, 19/07/2020, Masa pandemi, mengharuskan kegiatan KKN mengalami transisi dari yang semula berbentuk tim dan ditempatkan bersama di daerah tertentu menjadi individu dan ditempatkan di daerah domisili saat ini. Namun, transisi KKN ini tidak menyurutkan niat untuk mengamalkan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pada minggu pertama di Keluruhan Keraton, Kota Tegal sebagai domisili saat ini, mahasiswa melakukan perizinan ke Kantor Bappeda Kota Tegal, Kantor Kecamatan Tegal Barat, dan Kelurahan Kraton untuk mengurus perizinan KKN dan mencari tahu program kerja apa yang dapat dilakukan di masa pandemi dengan tetap menerapkan ilmu keteknikindustrian.

Selama masa survey, mahasiswa menemukan permasalahan di sekitar yang berhubungan dengan penerapan ilmu ergonomi. Pada Bengkel Guna Electric, ditemukan masih banyak aspek yang tidak sesuai dengan penerapan prinsip ergonomi. Hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan kerja. Guna meminimalisir kecelakaan dan meningkatkan kepedulian terhadap wabah Covid 19, dibuatlah rencana kegiatan yaitu penilaian lingkungan dengan menggunakan ergonomic checklist. Selama pandemi juga ditemukan bahwa kebiasaan untuk mencuci tangan maupun menjaga diri juga masih kurang, sehingga diberikan edukasi untuk menyesuaikan dan menggunakan APD yang sesuai juga dapat melindungi diri.

Selain itu, permasalahan lainnya yang terjadi adalah pada usaha es batu kristal. Dalam kegiatannya, pelaku usaha belum mengetahui segmentasi dan target pasar yang dituju. Guna meningkatkan pendapatannya baik sebelum maupun sesudah pandemi, Sehingga, dibuatlah rencana kegiatan untuk edukasi stragegi penentuan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4P (Place, Price, Product, Promotion) bagi pelaku usaha agar dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik.

Pada akhirnya, disadari bahwa meskipun KKN berlangsung secara individu dan di domilisi mahasiswa masing-masing, namun setiap mahasiswa tetap dapat memberikan dampak yang positif dan menjawab permasalahan yang ada di sekitarnya.

Penulis – Priyanto Setyo H

Dibawah bimbingan :Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.