ZERO CASE OF COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT? MAHASISWA KKN UNDIP MENGHIMBAU TETAP JAGA KEWASPADAAN TERHADAP COVID-19

KOTA BARU, PONTIANAK SELATAN (3/8/2020) – Sebuah kabar menggembirakan hadir pada wilayah Kalimantan Barat. Kasus COVID-19 yang semula banyak dan kian meningkat kali ini telah memasuki Zero Case of COVID-19. Hadirnya berita tersebut merupakan angin segar setelah baru-baru ini Indonesia sukses menembus angka 100.000 total kasus positif COVID-19. Meskipun demikian, masyarakat yang dibantu oleh Tim II KKN Undip tetap menjalankan protokol kesehatan dalam bentuk sosialisasi menggunakan Peta Rawan Penularan dan poster edukasi COVID-19 dan new normal. Antusisasme dan respon dari masyarakat akan terlaksananya program kerja ini sangat baik. Masyarakat di RT 005, Kota Baru aktif mengajukan banyak pertanyaan dan memerhatikan seluruh penjelasan.

Peta Rawan Penularan merupakan sebuah peta yang akan menampilkan gradasi warna menyesuaikan tingkat penularan COVID-19 di daerah dan poster edukasi informasi covid-19 dan new normal berisikan tentang hal umum yang jarang banyak orang pahami seperti perbedaan dari corona virus dan ccovid-19, isolasi dan karantina, serta apa itu new normal dan protokol kesehatan yang sangat harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari pada masa new normal. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kewaspadaan masyarakat karena pandemi COVID-19 belum berakhir. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 31 Juli pukul 15.00-17.15 waktu setempat dengan prosedur door to door untuk menghindari pengumpulan massa.

Poster edukasi informasi covid-19 dan new normal serta sosialisasi yang dilakukan kepada warga RT 005 oleh mahasiswa KKN Undip, Faris Putra Norfiyan. (Sumber: Galeri Penulis).

Selain program kerja yang telah diusung, mahasiswa KKN Undip turut serta terjun dalam kegiatan lokakarya mini lintas sektor kesehatan, diskusi dengan pihak kelurahan dan UPK Puskesmas Purnama, diskusi dengan ketua RT, membantu kegiatan pemotongan hewan kurban, dan pembagian daging kurban.

Kegiatan diskusi dengan pihak kelurahan dan UPK Puskesmas Purnama serta kegiatan lokakarya mini lintas sektor kesehatan Pontianak selatan. (Sumber: Galeri Penulis).

Kegiatan lokakarya mini lintas sektor dilaksanakan pada tanggal 29 Juli di Kantor Kecamatan Pontianak Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemaparan materi dan masalah-masalah yang ada selama pandemi COVID-19 di bidang kesehatan dan dilanjutkan dengan diskusi bersama seluruh peserta, meliputi pihak kelurahan, RT, RW, keamanan negara, dan dinas kesehatan, untuk mencari jalan keluar yang akan disepakati bersama. Pembahasan ini mencakup kegiatan kesehatan yang mulai diadakan kembali, seperti posyandu serta pengecekan ibu hamil dan anak. Setelah menemukan solusi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama pihak kelurahan dan UPK Puskesmas mengenai sektor pendidikan dan kesehatan selama pandemi berlangsung. Hasil dari diskusi diharapkan merupakan jalan yang tepat untuk dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

Kegiatan pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban di lingkungan masjid As-Salam, Kota Baru. (Sumber: Galeri Penulis).

Kegiatan lainnya berupa pemotongan dan pembagian daging kurban pada tanggal 1 Agustus 2020 di Masjid As-Salam. Pemotongan dan pembagian daging kurban ini merupakan bentuk dari peringatan hari raya Idul Adha dan membantu warga sekitar Masjid As-Salam yang terkena dampak ekonomi sehingga dapat memperoleh bahan bangan di masa pandemi. (Faris Putra Norfiyan, Undip).

Editor: Apri Dwi Anggo.